1 Orang Tewas Diterjang Puting Beliung Di Blitar

BLITAR – Hujan deras disertai angin kencang puting beliung menerjang dan memporak porandakan sedikitnya 3 kecamatan di wilayah Kabupaten Blitar Sabtu(31/3/2018) sore, hingga menelan korban jiwa 1 orang warga yang tertimpa gubuk.

Kasmini warga Dusun Bulu Desa Modangan Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar yang berusia sekitar 50 tahun, meninggal tertimpa gubuk yang roboh di sawah saat berteduh. Saat hujan deras dan angin kencang, Kasmini sedang berada di sawah dan berteduh di sebuah gubuk. Ketika angin kencang bertiup, pohon yang berada di dekat gubuk tumbang dan tepat menimpa gubuk yang digunakannya berteduh.

Kasmini meninggal saat dibawa ke Puskesmas Nglegok. “Ada satu korban jiwa, karena tertimpa bangunan gubuk saat berteduh,” kata Kasat Reskrim Polres Blitar Kota, AKP Heri Sugiono pada wartawan.

Angin yang bertiup cukup kencang tersebut menerjang sedikitnya 3 kecamatan yakni Kecamatan Talun, Garum dan Nglegok. Berhembus dari arah timur ke barat, berawal dengan tumbang nya beberapa pohon besar di wilayah Desa Kendalrejo Kecamatan Talun, hingga menimpa kabel listrik.

Tiupan angin terus bergerak ke barat, menuju wilayah Kecamatan Garum. Di wilayah ini, beberapa pohon besar dan tiang listrik juga tumbang. Bahkan jalur antar desa di Desa Tawangsari, sampai menutup jalur utama.

Tapi kerusakan paling parah terjadi di wilayah Kecamatan Nglegok, puluhan rumah rusak ringan hingga berat tertimpa pohon tumbang. Bahkan di sepanjanh jalur utama penghubung Kecamatan Nglegok ke Kota Blitar, beberapa pohon dan tiang listrik tumbang ke tengah jalan.

Bahkan ada pohon tumbang yang menimpa mobil milik warga Desa Penataran, hingga mengalami kerusakan parah.

Seperti disampaikan Dedi warga Desa Kemloko Kecamatan Nglegok, ketika angin bertiup sangat kencang hingga terdengar seperti suara berdengung. “Tiba-tiba gemeretak suara pohon tumbang mulai terdengar, termasuk menimpa rumah saudara saya,” kata Dedi.

Berdasarkan data yang dikumpulkan, sampai pukil 21.00 Wib terdapat ratusan rumah rusak tertimpa pohon dan diterjang angin puting beliung. Sebuah mobil juga tertimpa pohon, tenda yang akan digunakan acara di area Candi Penataran juga rusak.ais

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *