3 Figur Muda Yang Berpeluang Dampingi Jokowi

JAKARTA – Sejumlah nama mulai disebut-sebut, bakal menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi incumbent Presiden RI Joko Widodo. Termasuk 3 nama figur muda, yang dinilai mumpuni, cerdas dan mempunyai karier politik kedepan cukup bagus yaitu :

1. Romahurmuziy (Gus Romi)

Foto : twitter @afifrengga93

Sosok pemimpin muda terkini yang juga Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy ini, berani melakukan perubahan dengan membawa partainya bergabung dalam koalisi mendukung pencalonan kembali Jokowi dalam Pilpres 2019 mendatang.

Bahkan dengan kepiawaiannya, Gus Romi sapaan akrab Romahurmuziy berani mengambil posisi sebagai juru bicara koalisi. “Karena posisi tersebut belum ada yang mengisi, maka kami mengambilnya,” tuturnya dalam dialog dengan sebuah stasiun televisi swasta hari ini.

Ditanya mengenai keseriusannya mengenai maju atau ditunjuk sebagai cawapres, Gus Romi mengatakan dengan tegas siap. “Bahkan sebagai ketua partai, bukan hanya siap sebagai cawapres. Menjadi capres pun siap, jika memang itu sudaj kehendak Allah SWT,” jawab Gus Romi lugas.

Namun, Gus Romi kembali menegaskan bahwa dirinya memegang prinsip Jawa, bahwa jika memang amanah/jabatan itu sudah digariskan tidak mungkin bisa menghindar. Sebaliknya sekuat apa pun dikejar, kalau tidak digariskan oleh Allah SWT juga tidak mungkin didapatkan.

“Apalagi jelas, mekanisme penentuan cawapres mendampingi Pak Jokowi adalah melalui kesepakatan pimpinan partai koalisi dan disetujui Pak Jokowi,” bebernya.

2. Muhaimin Iskandar (Cak Imin)

Foto : okezone.com

Figur muda selanjutnya yang berpeluang ditunjuk menjadi cawapres, adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar akrab disapa Cak Imin.

Sosok yang dianggap bisa mewakili kaum nahdliyin ini, dikenal dekat dengan Presiden Jokowi. Bahkan satu-satunya partai yang pertama kali berani mendaklarasikan Joko Widodo – Muhaimin Iskandar (JOIN) sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pemilu Serentak 2019 mendatang.

Keberanian manuver politik ini, ditegaskan Cak Imin PKB lebih dahulu mendukung Jokowi dibandingkan partai lain sejak Pemilu Presiden 2014 lalu. “Kita lebih awal usung Jokowi, kami start sudah jauh jadi kalau mau menangin Pak Jokowi dengan cara yang sejak awal kami rintis, bukan tiba-tiba dan reaksioner,” kata Cak Imin seperti dirilis merdeka.com di Jakarta (16/4/2018).

Bahkan Cak Imin mengklaim elektabilitas Joko Widodo akan terus naik,  apabila dipasangkan dengan dirinya pada Pemilu Serentak 2019. Tren tersebut menurutnya, telah terlihat dari hasil survei.

“Kalau dari segi kerja keras kami, survei menunjukkan Jokowi-Cak Imin tertinggi sehingga perlu kuatkan kembali supaya terbukti pasangan ini,” klaimnya.

Dijelaskannya naiknya elektabilitas pasangan JOIN dikarenakan banyaknya dukungan dari para kiai, ulama, dan masyarakat. “Dukungan ulama, kiai dan masyatrakat merata di berbagai daerah,” jelasnya.

3. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Foto : tribunnews.com

Figur muda terakhir yang banyak disebut yaitu putra sulung mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang juga pernah maju mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Meski karier politiknya di Partai Demokrat (PD) yang diprakarsai ayahnya sendiri SBY terbilang belum lama, tapi kecerdasan, kepandaian dan ketampanannya mempunyai daya tarik tersendiri. Apalagi punya pengalaman di dunia militer, tentu menjadi nilai plus tersendiri untuk menjadi sosok pemimpin.

Partai Demokrat mengklaim bahwa sejumlah hasil survei yang digelar, menunjukkan nama AHY cukup berpotensi mendampingi Jokowi di Pilpres 2019.

Bahkan Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon menyebut, bahwa AHY bisa menjadi sosok yang berpotensi menggerek elektabilitas Jokowi jika keduanya berpasangan seperti dilansir situs okezone.com

Meskipun disampaikan secara gamblang, namun dari berbagai kesempatan terlihat Partai Demokrat terus membangun komunikasi dan mengisyaratkan dukungan kepada Jokowi.

Sumber : dirangkum dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *