Program Home Care Service Pemkot Kediri Gratis Dan Pasien Dijemput

KEDIRI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri terus melakukan terobosan pelayanan untuk warganya, kini bagi yang sakit dan kurang mampu bisa memanfaatkan Program Home Care Service.

Yaitu layanan kesehatan gratis, dimana dokter dan perawat yang mendatangi pasien. Jika kondisinya memerlukan tindakan medis lebih lanjut, pasien akan dijemput mobil pelayanan untuk dibawa ke rumah sakit.

Tujuan program ini memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Kota Kediri yang kurang mampu, dimana petugas medis dari RSUD Gambiran mengunjungi rumah pasien dan melakukan pemeriksaan dan perawatan medis. Untuk mengetahui apakah perlu perawatan lanjutan, berupa tindakan medis rumah sakit atau hanya rawat jalan.

Koordinator Pelayanan Home Care Service Kota Kediri, Kristika menjelaskan program ini merupakan hasil dari sinergi lintas instansi, mulai dari Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan RSUD Gambiran Kota Kediri. “Pelayanan Home Care Service ini merupakan  pelayanan jemput bola, untuk pasien warga Kota Kediri secara gratis bagi mereka yang kurang mampu,” jelas Kristika, Jumat(20/4/2018).

Menurut Kristika, pelayanan ini merupakan kerjasama antar instansi dinas karena tidak hanya pasien saja, tapi juga untuk keluarga pasien. Biasanya jika pasien berada dalam kondisi ekonomi yang kurang mampu, tak hanya pasien saja yang mengalami kesusahan. “Bagaimana kondisi anak, orang tua, tempat tinggal dan sekolahnya. Untuk itulah dibutuhkan kehadiran Dinas Pendidikan, Dinas Sosial,  Dinas Kesehatan dan RSUD Gambiran untuk mengcover keseluruhan masalah,” terang Kristika.

Pada Program Home Care Service ini selain disiapkan tenaga medis yaitu dokter dan perawat, juga disediakan 4 mobil pelayanan. Bahkan kini telah berjumlah 6 mobil, dengan rincian 2 mobil untuk pelayanan lapangan, 4 mobil lainnya digunakan sebagai antar dan jemput pasien. Di dalam mobil tersebut, disiagakan 3 hingga 4 orang. Satu sopir, dua perawat dan satu tenaga medis. Juga ada perlengkapan dan peralatan dalam penanganan gawat darurat.

Ditambahkan Kristika, bagi warga Kota Kediri yang tidak mampu dan membutuhkan bantuan bisa menghubungi Call Center Home Care Service di nomer 081-2160-8700.

Secara terpisah Kabag Humas Pemkot Kediri, Apip Permana mengatakan pelayanan mobil Home Care Service merupakan terobosan Pemkot Kediri. “Selama ini, kesehatan dan kesejahteraan memang jadi perhatian, pemerintah Kota Kediri,” tutur Apip.

Salah satu warga yang merasakan manfaat layanan ini adalah Sunarti warga Kelurahan Kampungdalem Kota Kediri,  ibu 2 anak ini sedang sakit diabetes, gagal ginjal dan pada bagian kakinya terdapat luka. Karena kondisi ekonominya kurang mampu, setiap 2 minggu sekali pihak Home Care Service berkunjung dan memberikan pelayanan kesehatan. Mulai dari apoteker, psikolog, perawat dan dokter melakukan pelayanan layaknya di rumah sakit. “Meskipun saya juga tetap melakukan Hemodialisa ke Gambiran, namun saya juga sering dikunjungi oleh perawat dan semuanya gratis, karena kondisi ekomomi saya tidak mungkin bisa mencukupi untuk mengobati semuanya,” ungkap Sunarti.

Tak hanya pelayanan kesehatan, namun tim Home Care Service juga memberikan bantuan logistik, berupa sembako kepada pasien yang benar-benar membutuhkan bantuan.@rif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *