Kado Hardiknas Untuk Indonesia Dari Blitar

  • Melalui premier film Amazing Blitar di Los Angeles AS

BLITAR – Bertepatan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2018, Blitar memberikan kado istimewa untuk Indonesia. Yakni mulai diputarnya film Amazing Blitar, di Los Angeles Amerika Serikat (AS).

Film dengan sutradara muda Hollywood asal Blitar Livi Zheng ini, berhasil membawa nama Blitar ke tingkat dunia internasional.

Film dokumenter ini mengupas potensi kekayaan alam dan budaya Blitar, mulai sejarah Blitar dengan candi-candinya, upacara adat, seni budaya dan wisata, hingga beberapa tokoh nasional yang lahir di Blitar. Seperti mantan wapres Budiono dan mantan Panglima TNI Agus Suhartono.

Link thriller film Amazing Blitar bisa dilihat di: https://youtu.be/KCswg4RSChk

Livi juga menampilkan Triangle Diamont Blitar, yakni 3 sudut pandang berlian sebagai kekayaan Blitar. Meliputi Pantai Serang, Perkebunan Teh Sirah Kencong dan Candi Penataran.

Disampaikan oleh Livi melalui wawancara dengan salah satu stasiun tv swasta, kenapa memilih Blitar sebagai inspirasi pembuatan film pendek ini. “Karena sejarah Indonesia tidak bisa lepas dari Blitar, Blitar juga kampung halaman saya,” tutur gadis kelahiran 3 April 1989 ini.

Dijelaskannya kalau Blitar dikenal dengan kota seribu candi, mulai jaman Kerajaan Majapahit. Raja Hayamwuruk singgah di Blitar, banyak juga raja yang diperabukan di Blitar. “Supaya dunia tahu, banyak potensi keindahan budaya dan wisata di Indonesia. Khususnya Blitar, bukan hanya Bali saja yang dikenal di luar negeri,” jelasnya.

Alasan dipilih Los Angeles, karena disana merupakan pusat perfilman dunia. Disamping itu, film merupakan media yang mudah disebarkan. “Dalam pemutaran perdana nanti, akan mengundang media, warga lokal dan pemerintah lokal,” ungkapnya.

Mengenai pesan dalam film Amazing Blitar ini, Livi mengaku ingin menyampaikan Indonesia negara yang sangat kaya. Bukan hanya pantai yang indah, tapi juga kebudayaanya,” paparnya.

Ide pembuatan film ini murni dari dirinya, tapi setelah disampaikan kepada pihak Pemkab Blitar malah mendapat sambutan baik dan mendukungnya.

Namun semua pembiayaan, baik mulai kedatangan tim dari Los Angeles untuk shooting. Hingga produksi, semuanya ditanggung oleh Livi Zheng.@ais

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *