Sambut Lebaran BI Kediri Siapkan Rp 7,2 Triliun Uang Baru

  • Memenuhi kebutuhan tradisi tukar uang baru 

KEDIRI – Menyambut Lebaran tahun 2018 ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri menyiapkan uang pecahan baru senilai Rp 7,2 triliun.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri Djoko Raharto mengatakan dari tahun ke tahun pengeluaran uang dari BI Kediri selalu meningkat, terutama saat menjelang Lebaran. “Dari tahun ke tahun proyeksi kebutuhan masyarakat (Outflow) selalu meningkat,” ujarnya, Senin (21/5).

Sesuai data dari BI Kediri, tahun 2016 kebutuhan uang saat Ramadhan hingga Lebaran mencapai 5,7 triliun dan tahun 2017 mencapai Rp 6,4 triliun. “Tahun 2018 ini proyeksi kebutuhan mencapai Rp 7,2 triliun,” ungkapnya.

Sementara itu untuk penukaran pecahan uang, kata Djoko pihak bank Indonesia tidak melayaninya dikantor. Tapi bekerjasama dengan bank umum dengan layanan dibuka pukul 09.00 Wib pada tanggal 28 dan 31 Mei, serta 5 dan 7 Juni 2018 serentak se-Jawa Timur. Setiap masyarakat hanya diperbolehkan menukarkan uang senilai Rp 3.700.00 dengan rincian, pecahan 20 ribu satu bendel, 10 ribu satu bendel, 5 ribu satu bendel dan 2 ribu 1 bendel.

“Setiap bank yang melayani penukaran pecahan uang baru, akan memasang spanduk dan penukaran berlaku untuk masyarakat umum tidak hanya nasabah bank,” jelasnya.

Selain bekerja sama dengan bank umum, pihak BI Kediri juga akan bekerjasama dengan 7 bank umum untuk melayani tukar uang pada layanan kas keliling. Diantaranya, akan melayani di beberapa tempat strategis seperti Simpang Lima Gumul (SLG) pada hari Sabtu mulai pukul 16.00  tanggal 19 dan 26 Mei 2018. “Layanan kas keliling juga berlaku di Madiun, Ponorogo, Blitar, Tulungagung dan Nganjuk,” ungkap Djoko.

Dengan ldipermudahnya tukar uang pecahan baru ini, pihak BI Kediri menghimbau agar masyarakat melakukan penukaran uang kecil sewajarnya, melakukan penukaran uang ditempat resmi dan meningkatkan penggunaan transaksi non tunai. “Penukaran uang dijalanan, sangat rawan terjadi peredaran uang palsu maupun jumlah yang tidak sesuai,” pungkasnya.@kur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *