Bakti Sosial Yonif 715/MTL Lakukan Operasi Katarak

Reporter : Yulius Salu

KEFAMENANU – Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas) sektor barat
melakukan bakti sosial di Pos Wini Desa Humusu C, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah, NTT. Tugas kemanusiaan di luar perang ini sebagai wujud kepedulian pasukan penjaga perbatasan terhadap warga sekitar.

Bakti sosial yang dilakukan satgas pamtas antara dua negara, yaitu Indonesia dan Timor Leste yaitu melakukan operasi katarak bagi warga tak mampu.

Dan satgas pamtas RI-RDTL sektor barat, Letkol Inf Farid Yudis Purwanto mengatakan, operasi katarak yang dilaksanakan selama dua hari, Jumat dan Sabtu ini dalam rangka memperingati HUT TNI ke-73.

“Kehadiran kami dapat membantu menekan jumlah masyarakat yang memiliki sakit katarak yang dampaknya bisa menjadi kebutaan,”tandas Letkol Inf Farid Yudis Purwanto, Sabtu, kemarin.

Menurutnya kegiatan operasi katarak di daerah perbatasan NKRI merupakan hasil kerjasama dengan Kodim 1618/TTU, Persatuan Dokter Ahli Mata (Perdami) NTT, Yayasan Mata Hati dan Polres TTU.

Operasi ini ditangani sejumlah tim dokter ahli mata, antara lain, dr. Eunike Cahyaningsih, Sp.M, Dr. Novy Yappy, Sp.M, Dr.Jason Anthony Wibowo, Dr. Lia Fristka, Syarifah Eddy, STT, Amzy Syamsiah, Dekri, Lena.

Selama pelaksanaan operasi, tim medis, yang dipimpin dr. Eunike Cahyaningsih, Sp.M ini berhasil mendeteksi 56 pasien yang menderita katarak. Dari jumlah ini, hanya 45 orang menjalani operasi, sisanya hanya pemeriksaan mata.

Ketua Tim Dokter ahli mata, dr. Eunike Cahyaningsih, Sp.M berharap kegiatan ini bisa berlanjut. Dengan begitu mereka bisa memberikan bakti kepada masyarakat yang membutuhkan khususnya penderita sakit mata.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Yonif 715/MTL yang sudah memfasilitasi kegiatan bersinergi ini dalam memberantas kebutaan di perbatasan hingga terlaksana dengan sukses,”ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *