Kejar Target BPD Giat Sosialisasi ke Wajib Pajak

 

Reporter : Cahyono

MALANG – Badan Pendapatan Daerah (BPD) Kabupaten Malang, Jawa Timur,
menargetkan penerimaan pendapatan asli daerah dari sektor pajak sebesar Rp 3.719.088.768. BPD akan memaksimalkan waktu sisa tiga bulan ke depan sebelum akhir tahun untuk mencapai target tersebut.

Kepala BPD Purnadi mengatakan hingga kini penerimaan dari wajib pajak telah mencapai Rp 2.458. 825.571, atau sebesar 66, 11 persen. Meski tersisa tiga bulan, Purnadi tetap merasa optimis.

“Realisasi pendapatan daerah tahun ini hingga bulan September sebesar 66,11 persen,” kata Purnadi, (Kamis, 20/09/2018) pagi.

Purnadi menjelaskan untuk menuntaskan sisa waktu yang ada, pihaknya kini rutin melakukan sosialisasi kepada wajib pajak. Cara ini untuk menyadarkan masyarakat wajib pajak guna melunasi pajak sebelum tutup tahun.

Menurutnya ada kecendrungan masyarakat baru akan melunasi pajaknya jelang akhir tahun. Karena itu rentang waktu bulan Oktober hingga Desember sepertinya waktu yang menjadi trend untuk dimanfaatkan wajib pajak melunasi pajak.

Dikatakan pemasukan pendapatan asli daerah (PAD) bersumber dari penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah. Dua sektor ini memiliki obyek pajak berbeda. Penerimaan pajak daerah bersumber dari beberapa obyek pajak, di antaranya pajak hotel, restoran, hiburan, PBB, dll. Sementara retribusi daerah, dari beberapa sektor, dua diantaranya melalui retribusi pelayanan kesehatan (Dinkes), dan pelayanan umum.

Realisasi pencapain dari pajak daerah hingga kini hampir 100 persen, yaitu sebesar 93, 11 persen. Sementara dari sektor retribusi daerah hanya 63, 28 persen.

Dengan prestasi ini Purnadi sangat optimis memenuhi target penerimaan untuk pendapatan asli daerah tahun ini.

“Dengan pendapatan yang kita peroleh tersebut, saya sangat optimis jika pada 2018 ini target pendapatan terpenuhi,” paparnya.

Untuk mempermudah wajib pajak melunasi pajak BPD membuka rekening melalui kantor Bank Jatim, atau melalui aparat desa bagi warga yang bermukim di pedalaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *