Kemendagri Bentuk PTPD di Semua Daerah

Reporter : Matias Lay

KALTIM – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan membentuk Pembina Teknis Pemerintah Desa ( PTPD) di seluruh daerah. Hal ini sebagai salah satu strategi untuk mencegah kepala desa dari jeratan masalah hukum.

Direktur Jenderal Bina pemerintahan Desa, Kemendagri, Dr. Nata Irawan mengatakan, tuntutan UU No 6 tahun 2014 tentang desa perlu didukung dengan adanya menajemen pemerintahan desa yang baik, Perencanaan pembangunan yang baik, dan pengelolaan keuangan yang akuntable serta pedoman penyusunan hukum di desa yang benar.

“Hal ini penting untuk menghindari agar pemerintahan di desa berjalan secara baik dan tidak ada lagi aparatur desa yang terjerat hukum akibat belum tertatanya penyelenggaraan pemerintahan secara baik di desa,” di Hotel Aston Balikpapan, Kaltim Senin kemarin.

Pernyataan Nata Irawan disampaikan dalam acara pembukaan pelatihan bagi Pembina Teknis Pemerintahan Desa (PTPD) bagi aparat pemerintah setempat. Propinsi Kalimantan Timur, lanjut Nata Irawan merupakan salah satu daerah yang menjadi target pembentukan dan penguatan kapasitas bagi aparatur kecamatan yang akan difungsikan sebagai PTPD dalam tahun ini.

Materi pelatihan mencakup beberapa hal antara lain, pokok – pokok penyelenggaraan pemerintahan desa, konsep perencanaan pembangunan desa, pengeloaan keuangan desa serta penyusunan produk hukum desa.

Menurutnya selama ini masih banyak kepala desa yang tersangkut hukum. Karena itu salah satu strategi pencegahannya adalah memperkuat peran kecamatan dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan di desa dengan membentuk PTPD di setiap kecamatan yang ada di indonesia.

“Pelatihan Peningkatan kapasitas aparatur kecamatan yang akan difungsikan sebagai pembina dan pengawas bagi aparatur desa menjadi mutlak harus dilakukan sebagaimana amanat UU No 06 tetang desa dan juga UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah,” papar Nata Irawan

Hadir pada kesempatan ini pejabat Kementerian Dalam Negeri, Khususnya Direktorat Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa yang diwakili, Kepala Sub Direktorat Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa Wilayah III, Valentinus Sudarjanto Sumito,S.IP,M.Si.

Kepala Dinas PMD Provinsi Kalimantan Timur, Drs.Moh. Jauhar Effendi, M.Si serta jajaran pemerintah provinsi Kalimantan Timur mengapresiasi kegiatan pelatihan yang akan berlangsung hingga 22 September 2018. Kegiatan ini melibatkan aparatur kecamatan se provinsi Kalimantan Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *