Pesona Air Terjun Coban Sewu Diklaim Kab. Lumajang

Reporter : Cahyono

MALANG – Salah satu tempat wisata,
air terjun Coban Sewu yang berada di Desa Sidorenggo, Kec. Ampelgading, Kabupaten Malang diikutkan dalam perlombaan Anugerah Wisata Jawa Timur (AWJT) 2018. Dalam perlombaan tersebut, wisata alam milik Kab. Malang ini merebut juara pertama Kategori Daya Tarik Wisata Alam.

Hanya saja juara bergengsi ini justru dilombakan Kab. Lumajang. Praktis pemberian juara diserahkan kepada Lumajang. Merasa mencablok wisata alamnya, Pemkab Malang melalui Dinas Periwisata dan Kebudayaan, melakukan protes ke Prov. Jatim.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kab. Malang Made Arya Wedhantara, Kamis (25/10), kepada wartawan, mengatakan mengetahui jika Pemkab Lumajang mengikukan tempat wisata alam yang terletak di wilayah Kab Malang. Wisata alam air terjun Coban Sewu oleh warga Sidorenggo, menyebutnya Tumpak Sewu.

“Pemkab Lumajang sudah dua kali mengikutkan lokasi air terjun Coban Sewu dalam lomba wisata alam. Mereka masukan sebagai salah satu destinasi wisata yang berada di wilayah Kabupaten Lumajang. Padahal, lokasi air terjun Coban Sewu berada di Kab. Malang,” katanya

Made mengaku pemkab Lumajang pernah mengikutkan air terjun Coban Sewu dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017. Karena itu ia akan mempertanyakan hal ini kepada AWJT. Made juga merencankan akan melayangkan protes ke Pemprov Jatim. Tentang kapan ia akan melakukan protes tersebut, Made belum memastikannya. Made tak ingin masalah saling klaim ini segera diselesaikan, karena akan berdampak kurang baik terhadap persoalan wilayah.

Ia menjelaskan, pesona wisata air terjun Coban Sewu merupakan destinasi wisata yang dimiliki Kabupaten Malang, selain air terjun mirip dengan air terjun Niagara yang berada di New York, Amerika Serikat, Coban Sewu juga memiliki pesona keindaanya yang menakjubkan.

Pemkab Lumajang dinilai mengikutkan obyek wisata daerah lain dalam ajang bergengsi untuk nominasi wisata alam pada perlombaan API 2017 lalu. Kala itu lanjut Made Coban Sewu
masuk dalam nominator kategori Surga Tersembunyi Terpopuler atau Most Popular Hidden Paradise. Lantaran diprotes Pemkab Malang panitia API membatalkannya.

Ketua Komisi I DPRD Kab Malang, Gatut Didik Subroto berjanji akan minta ketegasan Pemprov Jatim, termasuk Perhutani terkait pemetaan wilayah. “Kita juga minta Pemkab Malang, segera menyurati Pemprov Jatim mengenai persoalan ini,” pintanya.

Hingga kini belum ada konfirmasi atau pernyataan resmi dari Pemkab Lumajang mengenai air terjun Coban Sewu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *