Ikut HAI di Sumba TTU Kirim 28 Tenaga PAUD

Reporter : Yulius Salu

KEFAMENANU – Sebanyak 28 orang tenaga pendidik TK atau PAUD dari Kabupaten Timor Tengah Utara akan dikirim ke Sumba Barat untuk mengikuti lomba dalam peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke 53 di kota Waikabubak, NTT.

Tim dari TTU, terdiri dari empat guru TK, satu orang dari lembaga satuan pendidikan PAUD. Sementara lainnya dari adalah tenaga tutor, yang terdiri dari paket A, B, dan C. Sementara yang lainnya adalah instruktur komputer, sanggar kegiatan belajar, serta pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) se Kabupaten TTU.

Kabid Bina PAUD, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dispenpora) Kabupaten TTU, Agustinus Silab, S.Sos mengatakan peringatan HAI yang dilaksanakan di Sumba Barat diisi dengan aneka lomba. Pesertanya bisa perorangan dan juga kelompok.

Dikatakan semua peserta khusus untuk perorangan ada 14 jenis kegiatan yang dilombakan. Beberapa diantaranya adalah pengelola PAUD atau kelompok bermain, kepala sekolah TK, Pendidik Paud, Guru TK, tutor paket yang terdiri paket A- C, Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan lain – lain. Sementara untuk kelompok terdiri dari Sosio drama keberaksaraan, Paduan suara (lagu wajib dan lagu pilihan), Kreatifitas seni tari dan Stan pameran.

“Ada 14 item yang dilombakan namun dua jenis kegiatan yaitu penilik luar sekolah dan lomba tata rias pengantin daerah dibatalkan,” ujarnya

Dikatakan kegiatan ini memacu semangat guru PAUD atau Pengelola PAUD dalam memberantas buta aksara di Kabupaten TTU. Karena itu Agustinus bisa merai juara dalam perlombaan tersebut.

Kepala Dispenpora, Drs Emanuel Anunu mengatakan Hari Aksara Internasional (HIA) diperingati setiap tanggal 8 September melalui Konferensi UNESCO tanggal 26 Oktober 1966. Peringatan HAI terus dilakukan setiap tahunnya untuk memajukan agenda keaksaraan di tingkat global, regional dan nasional.

“Tujuannya adalah memotivasi masyarakat dalam memberantas buta aksara,” ujar Ema Anunu.

Ema Anunu berharap kontingen TTU mampu menampilkan yang terbaik diajang tersebut. “Kalau boleh kita mampu merebut juara umum,”pintanya kepada peserta yang akan mengikuti lomba di Sumba Barat mulai tanggal 10 hingga 12 Oktober mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *