ITL Trisakti Berobsesi Berkelas Dunia

Reporter : Yosef Naiobe

JAKARTA –  Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti memiliki orientasi mengembangkan pendidikan dengan kualitas Internasional.

Hal ini disampaikan Rektor ITL Trisakti, Dr. Tjuk Sukardiman dalam acara seminar bertajuk meningkatkan komunikasi yang dialogis antar civitas akademika ITL Trisaksti guna membangun komunitas akademis yang transformasional untuk memberikan pelayanan pembelajaran digital kepada generasi milenial yang diselenggarakan di lantai 7 Kampus ITL Trisakti Rabu kemarin.

Mantan Dirjen Hubla ini mengatakan untuk mewujudkan misi tersebut saat ini pihaknya telah melakukan kerja sama dengan berbagai Pendidikan Tinggi Internasional seperti di Eropa, Asia Tenggara, China, Australia, Thailan dan Jepang.

“Sebetulnya saat ini lembaga kami sudah melakukan kerja sama dengan Pendidikan Tinggi Internasional. Ini kami lakukan untuk mewujudkan misi tadi,” kata Tjuk Sukardiman

Dengan misi tersebut ia berharap Kampus ITL merupakan lembaga Pendidikan Tinggi berkelas dunia dan menjadi kebanggaan Indonesia di bidang Transportasi dan Lgistik yang terkenal di dunia.

Dikatakan pula saat ini ITL memiliki tiga fakultas. Fakultas paling lama adalah Manajemen dan Bisnis yang berdiri sejak 1970. Yang terbaru adalah Fakultas Sistem dengan Prodi Logistik dan Transportasi dan yang terakhir adalah Fakultas Teknik.

“Fakultas ini mempunyai tiga Prodi yaitu Teknik Kedirgantaraan dengan kekhasan Kebandarudaraan, Teknik Kelautan dengan kekhasan Kepelabuhanan serta Teknik Rekayasa dan Infrastruktur Lingkungan dengan kekhasan Perkeretaapian,” beber Tjuk.

Dijelaskan dalam prakteknya Pendidikan Tinggi satu – satunya di Indonesia ini akan menerapkan sistem digitalisasi. Dengan sistem ini diharapkan bisa memajukan tiga fakultas yang dimiliki di ITL.

Ditambahkan pembentukan  ITL mendapat persetujuan  Pemerintah pada Pebruari 2018. Meski tergolong masih baru, namun sistem pendidikan yang diterapkan berkelas Internasional.

“Jadi Transformasional ini yang diharapkan mampu untuk mengembangkan ITL ke depan sehingga mencapai kelas dunia,” jelasnya.

Orientasi ini praktis akan menjadikan mahasiswa untuk memiliki Transformational Leadership and Management. Konsep seperti ini kata Tjuk Sukardiman ke depan akan menghasilkan out put atau lulusan  menjadi pemimpin transformasional.

Untuk merangsang minat mahasiswa, kampus menyediakan kemudahan berupa beasiswa bagi yang berprestasi dan menjaga nama baik  tidak saja di internal kampus Trisakti namun juga bangsa Indonesia secara external.

Apalagi dalam bidang studi Transportasi dan Logistik yang mengangkat metode pembelajaran digital untuk menyongsong hadirnya generasi milenial melalui sumber daya manusia yang ada di Trisakti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *