Kemungkinan Sanusi Bisa Bupati Mendagri Enggan Komentar

Reporter : Yosef Naiobe

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memilih bungkam soal kemungkinan Sanusi bisa saja menjadi bupati difinitif. Tadi pagi Mendagri menunjuk Wakil Bupati Malang ini sebagai pelaksana tugas Bupati.

Dengan penugasan ini, Sanusi sementara menjalankan tugasnya sebagai bupati, kecuali dalam hal strategis hingga ada keputusan hukum tetap terhadap Bupati Rendra Kresna.

Ketika ditanya soal kemungkinan Sanusi bisa saja kemudian ditetapkan sebagai bupati difinitif, politisi PDIP ini juga tidak memberikan tanggapan

“Ya kita tunggu proses hukumnya dulu sampai berkekuatan tetap,” kata Tjahjo Kumolo, Selasa (16/10/2018).

Rendra Kresna ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 12 Oktober 2018, atas kasus dugaan gratifikasi DAK 2011 dan kasus lain senilai Rp 7m. Kemarin Rendra dan tersangka lain dari pihak swasta berinisial AM resmi ditahan.

Sudah menjadi rahasia umum selama ini kasus korupsi yang ditangani komisi anti rasuah ini jarang ada yang lolos dari hukuman penjara. Terkait hal ini Tjahjo Kumolo juga tidak mau menanggapinya. Ia hanya mengatakan telah menerbitkan surat keputusan menugaskan Sanusi untuk sementara waktu menggantikan Rendra Kresna.

“Baru tadi pagi saya tandatangan langsung fax ke Gubernur Jawa Timur,” ujarnya.

Mendagri menjelaskan keputusannya sesuai ketentuan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 09 Tahun 2015 tentang perubahan kedua atas UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Dalam pasal 65 ayat (3) ditegaskan bahwa kepala daerah yang sedang menjalani masa tahanan dilarang melaksanakan tugas dan kewenangannya. Pada pasal 66 ayat (1) huruf c ditegaskan bahwa wakil kepala daerah melaksanakan tugas dan wewenang kepala daerah apabila kepala daerah menjalani masa tahanan atau berhenti sementara.

Sehubungan dengan hal tersebut untuk kelancaran penyelenggaraan pemerintah daerah di Kabupaten Malang Mendagri melalui Gubernur Jawa Timur, memerintahkan Sanusi (Wakil Bupati Malang) untuk melaksanakan tugas dan wewenang Bupati Malang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *