Pertama di Indonesia Trisakti Buka Studi Transportasi dan Logistik

Reporter : Yosef F. Naiobe

JAKARTA – Bermula dari sebuah gagasan visioner Trisakti membuka Program Studi Transportasi dan Logistik. Jurusan ini diklaim sebagai satu – satunya dan pertama di Indonesia.

Rektor Institut Transportasi dan Logistik  Trisakti, Dr Tjuk Sukardiman mengatakan bidang studi ini secara resmi mendapat persetujuan pemerintah pada 26 Pebruari 2018. Lahirnya bidang studi ini sebagai jawaban atas perkembangan sistem digitalisasi di era milenial.

Meski tergolong baru, namun rektor Tjuk telah membangun sebuah optimisme. Menerapkan metode pembelajaran berkelas Internasional dengan cakupan yang mendetail, rinci dengan cakupan yang lebih luas.  Ia memberi contoh. Diskusi kemaritiman tidak hanya terbatas pada aktivitas pelabuhan tapi harus dimulai dari teknologi dan bisnis.

“Dan kita bisa melakukan pendekatan (approach) sistim transportasi laut (sea transportation) yang terintegrasi merupakan penyangga utama dari pengembangan maritim,” kata Tjuk Sukardiman belum lama ini.

Dalam program pengembangan sektor kemaritiman atau kelautan yang implementasinya dengan sistim yang dibangun oleh UNDP dengan Integrated sea transportation system (ISTS) tadi.

Konsep yang diklaim bakal mendunia ini terungkap dalam sebuah seminar yang diselenggarakan di Kampus ITL di Jalan IDN Kebon Nanas Jakarta belum lama ini. Seminar mengangkat tema meningkatkan komunikasi yang dialogis antar civitas akademika ITL Trisaksti guna membangun komunitas akademis yang transformasional untuk memberikan pelayanan pembelajaran digital kepada generasi milenial

Untuk diketahui saat ini ITL memiliki tiga fakultas yakni Manajemen dan Bisnis,  Fakultas Sistem dan Fakultas Teknik. Khusus fakutas teknik memiliki tiga Prodi yaitu Teknik Kedirgantaraan dengan kekhasan Kebandarudaraan.

Teknik kelautan memperdalam ilmu  Kepelabuhanan. Rektor Tjuk Sukardiman mengharapkan bidang studi ini juga nantinya merambah sektor bisnis dan tidak terbatas pada konsentrasi kepelabuhan saja. Rektor yang penuh gairah dan energi ini dikenal sebagai pimpinan yang quick in response, quick in action, dan punya passion yang tinggi untuk mengangkat harkat dan martabat para lulusannya untuk berbakti kepada bangsa dengan kualitas yang mumpuni, kualitas global acceptance. Untuk menggapai cita-cita mulia itulah, Rektor yang workalic ini mendorong terwujudnya transformational leadership and management di ITL TRISAKTI, bahkan di negeri ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *