Akademi BSI Berubah Status Menjadi Universitas

Reporter : Pieter Sambut

JAKARTA – Setelah puluhan tahun menyandang Akademi, kampus Bina Sarana Informatika yang lebih populer dengan akronim BSI kini berubah status menjadi Universitas (UBSI). Perubahan status UBSI tersebut diperoleh setelah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI 3 September 2018 dan diserahterimakan kepada pengurus Yayasan BSI pada 16 September 2018 yang lalu.

“Setelah 50 tahun berkiprah di dunia pendidikan, maka sejak 3 September 2018 yang lalu Akademi BSI berubah menjadi Universitas BSI. Perubahan status ini merupakan penggabungan dari 21 Perguruan Tinggi yang bernaung di bawah Yayasan BSI Group. Ini merupakan salah satu bentuk kesiapkan BSI dalam menghadap era disruptif atau pasar baru dalam bidang teknologi informasi,” ujar Rektor UBSI Mochamad Wahyudi pada acara Wisuda ke 50 UBSI di BSI Convention Center, Kamis 29 September 2018.

Setelah bertransformasi menjadi Universitas, jelas Wahyudi, UBSI memiliki 4 fakultas, yaitu Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi & Bisnis serta Fakultas Komunikasi & Bahasa. Dari keempat fakultas tersebut terdapat 19 program studi (prodi), baik program Sarjana maupun Diploma Tiga. Program sarjana memiliki 10 prodi dan program D-3 memiliki 9 prodi.

Pertama Gunakan UBSI
Dihadapan 6.295 wisudawan/ti dan orang tua serta para undangan, Wahyudi mengatakan, bahwa Wisuda ke 50 merupakan angkatan pertama yang menggunakan Universitas BSI. Wisuda ke 50 tersebut berlangsung sejak Senin (26/11) hingga Jumat (30/11).

“Adik-adik yang diwisuda hari ini harus bangga, bahwa kalian tercatat dalam sejarah sebagai angkatan pertama yang menggunakan nama UBSI. Jadi, ijasah kalian sudah menggunakan UBSI. Semoga kalian sukses dalam meniti karir dan menjadi duta-duta UBSI di tempat kerja masing-masing,” ujar Wahyudi yang disambut tepuk tangan meriah dari para wisudawan/ti dan para undangan.

Lebih lanjut Wahyudi mengatakan, dalam rangka meningkatkan daya saing ke depan, UBSI telah menjalin kerja sama dengan Perguruan Tinggi lain, baik di dalam negeri maupun di mancanegara. Sejumlah Perguruan Tinggi dalam negeri yang sudah menjalin kerja sama di antaranya UI dan ITB. UBSI juga telah membaharui kerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), dimana anggota Polri bisa studi lanjut di UBSI untuk memperdalam IT.

Belum lama ini UBSI juga menjalin kerja sama dengan BUMN, dimana pihak BUMN siap menerima mahasiswa/i UBSI yang bersertifikat untuk magang. Kerja sama serupa juga telah dilakukan dengan sejumlah perusahaan. Dengan demikian, kata Wahyudi, para lulusan UBSI benar-benar siap kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *