Lunasi Pajak Tepat Waktu Kades Tumpakrenteng Menerima Hadiah Dari Bapeda

Reporter : Cahyono

MALANG – Desa Tumpakrenteng Kec. Turen, Kab. Malang, Jawa Timur, mendapat penghargaan dari pemerintah setempat karena melunasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tepat waktu. Atas prestasi tersebut Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) menyerahkan satu unit komputer berserta printernya.

Hadiah tersebut diserahkan Plt Bupati Malang, Sanusi kepada Kades Tumpakrenteng, Helmiawan Khodidi bertepatan dengan HUT Kab Malang, Ke 1258, Rabu (28/11/2018).

Desa Tumpakrenteng sejak tahun 2013-2016 selalu menempati urutan pertama ditingkat kecamatan dalam pelunasan PBB tepat waktu. Tahun lalu berada pada urutan ke 7 ditingkat kabupaten. Sementara tahun ini menempati posisi pertama.

“Pelunasan PBB tepat waktu didasari pada kesadaran warga kami dalam membayar PBB. Mereka tahu akan pentingnya membayar pajak, karena dengan membayar pajak pembangunan di Desa Tumpakrenteng semakin maju,” kata Purnadi, Kamis (29/11/2018)

Kadis Bapenda H Purnadi, mengatakan
penghargaan akan diberikan kepada desa, kelurahan dan kecamatan untuk mendorong masyarakat membayar PBB tepat waktu.

“Hadiah yang kami berikan salah satunya adalah berupa perangkat komputer, bagi desa, keluarahan maupun kecamatan yang tepat waktu dalam melunasi PBB,” ujarnya.

Menurutnya, pemberian hadiah perangkat komputer diberikan bagi desa yang memiliki urutan pertama hingga 50 sesuai dengan tanggal pelunasan PBB. Sedangkan pelunasan PBB urutan ke 51 dan seterusnya juga kita berikan hadian sebuah perangkat printer.

Dikatakan pemberian penghargaan (reward) untuk mendukung kelancaran dalam pendataan warganya yang membayar PBB.  Tahun ini target pembayaran PBB sebesar Rp 64 miliar.

“Bapenda memberikan hadiah kepada desa, kelurahan, dan kecamatan yang tepat waktu melunasi PBB kita batasi sampai pada tanggal 28 November 2018 kemarin. Karena tanggal tersebut merupakan Hari Jadi Kabupaten Malang ke 1258,” terang Purnadi.

Jumlah desa yang sudah melunasi PBB sebanyak 175 desa dari 378 desa dan 12 kelurahan. Di antara desa – desa yang melunasi pajak, Desa Tumpakrenteng, yang telah melunasi pajaknya pada tanggal 6 Februari 2018.

Purnadi menambahkan akan terus melakukan sosialisasi untuk memotivasi masyarakat tentang pentingnya pembayaran pajak. “Sosialisasi yang terus kita lakukan, baik itu melalui melalui pengajian jamaah taklim, dan kegiatan-kegiatan warga desa yang lainnya,”ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *