Connect with us

Zona Ekbis

Mengais Rejeki Melalui Bank Sampah

Reporter : Y. Kiswara

MALANG – Siapa bilang sampah itu kotor? Penilaian ini merupakan stigmatisasi yang seakan membenarkan sampah itu kotor, menjijikkan karena mengeluarkan aroma tak sedap.

Stigmatimatisasi ini tidak selamanya benar.
Bila diolah dengan apik, sampah juga akan menghasilkan nilai jual yang menjanjikan.

Kepala Bidang Pengolahan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang, Renung Rubiyatadji, Rabu (14/11/2018) mengatakan sampah akan bernilai lewat daur ulang. Diolah menjadi kerajinan yang menarik. Dikatakan dalam tiga tahun terakhir ini, bank sampah yang ada di Kabupaten Malang sudah mulai mengkomersilkan hasil daur ulang sampah dalam bentuk kerajinan.

“Kerajinan yang dihasilkan dari setiap korwil bank sampah di Kabupaten Malang berbeda-beda. Antara lain seperti tas, wadah tisu, miniatur sepeda motor dan sebagainya,” katanya.

Bahkan direncanakan pihaknya akan mengundang teman Asosiasi Bank Sampah Indonesia (Asobsi) dari Jakarta. “Jadi ini kan tiap tahun kita adakan gelar produk, maksudnya apa sih hasil-hasilnya oleh teman-teman ini. Sebenarnya bagus-bagus hasil produknya, seperti di Ampelgading,” ujarnya

Renung menjelaskan, terkait produk hasil daur ulang kerajinan yang masih menjadi kendala yaitu pemasaran.

“Sebenarnya ada trik maupun tips-tips yang harus secara berjenjang. Jadi, tidak hanya kita suruh buat, terus kita diam saja, enggak. Harus ada step-step yang kita lakukan,” terangnya.

Lebih jauh, Renung menuturkan, peran serta instansi terkait untuk pemasaran dinilai sangat dibutuhkan. Salah satunya seperti perlunya keterlibatan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

“Iya, kita kan juga gini, Disperindag, juga SKPD lainnya kayak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, terus Dinas Pemberdayaan Perempuan, terus Cipta Karya, Cipta Karya ada kaitannya dengan perumahan, ini bagian dari pengurangan sampah,” pungkasnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2017 ZONANUSANTARA.COM - Portal Berita Online Indonesia dan Dunia