Pesona Pantai Balekambang Magnet Bagi Wisatawan

Reporter : Cahyono

MALANG – Pantai Balekambang merupakan primadona tujuan wisata. Obyek wisata alam bernuansa relegi ini menjadi magnet untuk wisatawan domestik maupun manca negara. Ditunjang dengan fasilitas infrastruktur yang memadai (jalan beraspal mulus) lokasi pantai yang terletak di Selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur ini mudah dijangkau dengan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Jarak tempuhnya pun sekitar dua jam perjalanan.

Karena keelokan alamnya, menjadikan obyek wisata ini sebagai salah satu target kunjungan wisatawan. Tak berlebihan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) setempat memasang target 7 juta wisatawan di tahun 2018.

Kepala Disparbud, Made Arya Wedanthara, Rabu (7/11), mengatakan hingga kini wisatawan yang berkunjung ke Balekambang hampir mencapai 5 juta orang atau sekitar 4,6  juta wisatawan. Jumlah ini lanjut Made didominasi wisatawan lokal maupun domestik. Sisanya dari luar negeri seperti Jerman, Belanda dan Perancis yang jumlahnya lebih dari 100 ribu orang.

“Kami optimis dapat memenuhi target, walau sekarang baru sekitar 4,6 juta wisatawan. Untuk itu kami gencar melakukan promosi melalui medsos,” ujarnya.

Menurutnya kendala yang dihadapi dalam memenuni target tersebut dipengaruhi beberapa faktor. Dua diantaranya adalah bencana alam. Selain itu belum lama ini terjadinya rob atau naiknya permukaan air laut hingga ke tepi pantai. Situasi ini tidak memungkinkan wisatawan untuk berkunjung ke Balekambang. Made menambahkan kebanyakan obyek wisata di Kabupaten Malang adalah pantai.

Meski belum memenuhi target yang diinginkan
sebanyak 7 juta orang, namun Made tetap optimis angka ini bakal terpenuhi. Ia memprediksi kunjungan akan meningkat menjelang pergantian tahun 2018.

“Biasanya kunjungan wisatawan akan melonjak drastis. Karena momentum malam pergantian tahun baru hingga memasuki tahun baru 2019, wisatawan yang ingin ke pantai akan meningkat,” tandasnya.

Momen seperti ini menjadikan pantai Balekambang yang terletak di Desa Srigonco, Keca Bantur ini menjadi tujuan wisatawan, selain obyek wisata alam lain yang berada di Kabupaten Malang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *