Connect with us

Zona Gaya Hidup

Wakil Bupati Batasi ASN ke Luar Negeri Menggunakan APBD

Reporter : Cahyono

MALANG – Wakil Bupati HM. Sanusi membatasi pejabat dan staf Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Malang, Jawa Timur, agar tidak melakukan perjalanan dinas ke luar negeri menggunakan biaya APBD jika urgensinya tidak penting.

“Pejabat ASN boleh melakukan perjalanan dinas ke luar negeri harus dilihat urgenitasnya,” kata Sanusi belum lama ini.

Menurutnya larangan perjalanan ke luar negeri bertujuan untuk efesiensi anggaran. Dengan demikian sambung Sanusi anggarannya akan dialihkan untuk mewujudkan masyarakat yang makmur dan sejahtera. Hal ini sejalan dengan pemerintah pusat yang akan memangkas anggaran dinas ke laur negeri pada tahun 2019.

Menurut Sanusi pejabat bisa melakukan perjalanan dinas ke luar negeri jika ada undangan atau permintaan dari pemerintah pusat maupun dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

“Gubernur Jawa Timur memberi instruksi agar jika tidak ada kepentingan pejabat yang bepergian ke luar negeri menggunakan biaya sendiri,” beber Sanusi.

Meski ada larangan dari pemerintah namun ASN masih bisa melakukan perjalanan dinas ke luar negeri dengan biaya APBD, jika mendapat penghargaan yang diajak oleh pejabat tinggi negara dan Presiden. Sedangkan kalau hanya studi banding, itu tidak dibiaya APBD.

Dikatakan pejabat yang mendapat undangan untuk dinas ke laur negeri misalnya atas undangan Keduataan Besar Republik Indonesia (KBRI) maka akan dilakukan pengkajian oleh Pemerintah Jawa Timur seberapa pentingnya kegiatan itu.

“Kalau sudah ditelaah dan dievaluasi Gubernur, akan diterbitkan paspor biru. tambahkan pejabat yang ijinkan ke luar negeri menggunakan paspor biru. Itu menunjukkan perjalanan dinas ke luar negeri yang dilakukan ASN,” pungkasnya

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2017 ZONANUSANTARA.COM - Portal Berita Online Indonesia dan Dunia