Connect with us

Zona Ekbis

Antisipasi Harga Kebutuhan Pokok Jelang Natal dan Tahun Baru Pemkab Bone Pantau Pasar

Reporter : Zainal Abidin

BONE – Mengantisipasi lonjakan harga bahan kebutuhan pokok di pasar, menjelang Natal dan Tahun Baru 2019, pemerintah setempat melaksanakan pemantauan harga di pasar. Selain pantau pasar juga dilakukan pameran Karya Kreatif dan Pasar Murah, di lokasi bekas pasar sentral Bone, Jl Agussalim Watampone, selama lima hari, tanggal 21- 24 Desember 2018.

Pelaksanaan tersebut, dibuka Bupati Bone Dr H Andi Fahsar M Padjalangi, Jumat (21/12/2018) malam, dihadiri Wabup Bone H Ambo Dalle, unsur Forkopimda Kabupaten Bone diantaranya Kasrem 141/Tp Letkol Inf Bobbie Triyantho, Kapolres Bone AKBP Muhammad Kadarislam Kasim, Dandim 1407/Bone, Letkol Inf. Mustamin, perwakilan Kantor BI Sulsel, Kantor OJK Sulsel, para SKPD Pemkab Bone, serta tamu undangan.

Beberapa hasil karya yang ditampilkan dalam pameran ini antara lain produk hasil karya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan melibatkan beberapa OPD utamanya dari Dinas Koperasi Bone.

Bupati Andi Fashar Padjalangi mengatakan hasil karya kreatif dari teman-teman panitia dimotori Asisten II dan motivasi yang besar dari UMKM. Kegiatan ini bertujuan untuk menstabilkan harga biasanya diakhir tahun.

“Makanya dalam kesempatan ini kita juga laksanakan kegiatan pasar murah, sesuai visi misi Pemkab Bone dengan menampilkan kreatifitas UMKM yang dibina dari beberapa OPD dan bantuan Perbankkan dan lainnya,” ujarnya.

Bupati dua periode ini menjelaskan, Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Pemerintah Indonesia pun memandang penting keberadaan para pelaku UMKM. Buktinya, UMKM bersama dengan Koperasi memiliki wadah secara khusus di bawah Kementerian Koperasi dan UKM.

Perhatian tinggi yang diberikan kepada para pelaku UMKM tersebut tidak lain sebagai wujud pemerintah dalam menyangga ekonomi rakyat kecil. Apalagi, UMKM mampu memberikan dampak secara langsung terhadap kehidupan masyarakat di sektor bawah.

Setidaknya, ada 3 peran UMKM yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat kecil. Tiga peran tersebut adalah, sarana mengentaskan masyarakat dari jurang kemiskinan, sarana untuk meratakan tingkat perekonomian rakyat kecil, memberikan pemasukan devisa bagi negara.

“Dengan tiga peran yang dimilikinya tersebut, tidak salah kalau para pelaku UMKM tak bisa dipandang sebelah mata,” tegas H Andi Fahsar.

Sementara itu Asisten II Setda Bone A Gunadil Ukra menambahkam ada 160 jenis UMKM yang ikut serta dalam pameran hasil karya kreatif.

Para pelaku UMKM yang ikut berpartisipasi adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro.

Usai sambutan bupati Bone bersama dengan unsur Muspida lainnya meninjau seluruh stand yang ada di lokasi kegiatan pameran Karya Kreatif Bone dan Pasar Murah tersebut.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2017 ZONANUSANTARA.COM - Portal Berita Online Indonesia dan Dunia