BPBD Salurkan Bantuan Untuk Korban Puting Beliung

Reporter : Lius Salu

TIMOR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDD) Kab. Timor Tengah Utara, NTT memberikan bantuan kepada warga yang berdampak bencana angin puting beliung. Bantuan berupa beras, seng, pakaian dan perabotan rumah tangga diserahkan langsung pelaksana tugas BPBD, Yosefina M. Lake belum lama ini.

Diketahui selama hampir satu bulan TTU dan sekitarnya diguyur hujan deras disertai angin puting beliung. Akibat kejadian yang terjadi pada 8 November hingga 1 Desember 2018 sejumlah rumah warga di daerah ini mengalami kerusakan parah. Sebagian rumah warga ada yang atapnya terlepas, sebagian lagi dindingnya copot tertiup angin.

Kebanyakan rumah yang mengalami musibah dindingnya terbuat dari bebas ( sejenis kayu pelapis) yang berfungsi sebagai tembok. Sementara lainnya atap seng terlepas akibat kencangnya angin puiting beliung.

Kepala BPBD Yosefina M. Lake menjelaskan dalam kejadian ini
31 rumah warga mengalami kerusakan. Selain itu sejumlah ruas jalan pun kena imbas termasuk jembatan yang berujuran kecil (deker).

“Rusak berat 2, rusak sedang 13 dan rusak ringan 16. Sehingga total 31 buah rumah yang rusak,”katanya kepada wartawan, Selasa (04/12).

Menurut Eli Lake, sapaan akrabnya, menambahkan beberapa wilayah kecamatan yang mengalami bencana alam angin puting beliung antara lain
Kecamatan Noemuti, Kota dan Bikomi Selatan dan Kecamatan Naibenu dan Insana Tengah. Wilayah wilayah ini rawan terhadap angin puting beliung bila terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Kondisi alamnya berbukti dan gersang juga berpotensi tanah longsor. Namun sejauh ini belum ada kejadian longsor di wilayah tersebut.

Meski demikian Eki Lake menghimbau agar warga tetap waspada, terutama memasuki bulan Pebruari. Ia berlasan puncak musim hujan di Kab.TTU kemungkinan akan terjadi pada bulan itu.

“Masyarakat harus tetap waspada karena bulan Januari dan Februari, hujan akan lebih besar dari sekarang,”imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *