Connect with us

Zona Headline

Masyarakat Sipil Menyerahkan Senpi ke Aparat TNI

Pewarta : Lius Salu

TIMOR – Masyarakat sipil yang selama ini menyimpan senjata api (senpi) menyerahkannya kepada aparat TNI. Salah seorang warga di Desa Netemnanu, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang Propinsi NTT, menyerahkan satu pucuk senjata api jenis springfield kepada Danpos Oepoli Sungai, Sertu I Gede Fera Ariyudha Jelantik.

Penyerahan ini dilakukan secara sukarela di desa Netemnanu, Kecamatan Amfoang, Kabupaten Kupang, Kamis (6/12/2018) sekira pukul 20:35 wita.

Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN Sektor Barat, Mayor Inf. Hendra Saputra, S.Sos.,MM.,M.I.Pol ketika diwawancara awak media di Kefamenanu, Sabtu (8/12/2018) membenarkannya.

Mayor Hendra mengatakan, penyerahan senjata api oleh warga tersebut setelah dilakukan sosialisasi mengenai dampak menyimpan barang-barang terlarang tersebut.

“Penyerahan itu merupakan hasil penggalangan dan imbauan yang dilakukan anggota,”tandas Mayor Hendra.

Dengan penggalangan dan himbauan tersebut, lanjut Mayor Hendra, ada beberapa warga yang mengerti dan sadar menyatakan untuk menyerahkan senjata api dan amunisi yang masih disimpan.

“Warga serahkan secara sukarela ke Danpos Oepoli Sungai. Dan saat ini, barang-barang tersebut sudah kita amankan di gudang Mako Satgas,”jelas Mayor Hendra.

Masih Mayor Hendra bahwa kegiatan penggalangan dan himbauan oleh anggota akan dilakukan terus menerus kepada warga perbatasan terkait senjata api yang masih disimpan di rumah untuk diserahkan. “Peredaran senjata api kepada yang tidak berhak dapat menjadi salah satu solusi meminimalisasi penyalahgunaan senjata api,”pungkasnya.

Sebelumnya penyerahan senjata api juga dilakukan oleh warga desa Fatumuti Kecamatan Noemuti pada tanggal 27 November dan warga desa Naikake Kecamatan Mutis menyerahkan 1 buah senjata api, 22 butir peluru dengan rincian 18 butir kaliber 5,56 dan 4 butir kaliber 7.62 mm tanggal 30 November lalu.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2017 ZONANUSANTARA.COM - Portal Berita Online Indonesia dan Dunia