Connect with us

Zona Headline

Puskesmas Oeolo Diakreditasi Kemenkes RI

Reporter : Lius Salu

TIMOR – Tim dari Kementerian Kesehatan RI belum lama ini melakukan akreditasi di Puskesmas Oeolo, Kec. Musi Kab. Timor Tengah Utara, NTT. Akreditasi ini meliputi pelayananan kesehatan dan kelengkapan fasilitas Puskesmas.

Tim survei berjumlah terdiri dari dr. Hendro Nugroho Sulasoni SP.DPL, Emma M.F Simanjuntak SKM,MM,MScPH dan Samuel Benjamin Latupeirissa SKM,M.KES. Akreditasi berlangsung selama tiga hari sejak (13 – 16/12/2018).

Ketua tim surveyor akreditasi Puskesmas Kemenkes, dr. Hendro Nugroho Sulasoni menjelaskan terdapat elemen penilaian dalam akreditasi Puskesmas terdiri dari tiga bidang yakni  Administrasi Manajemen Puskesmas (AMP), Upaya Kesehatan Program (UKP), dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), termasuk sarana prasarana dan Puskesmas

“Kami melakukan penilaian yang berkaitan dengan pelayanan baik yang ada di puskesmas maupun yang berada di luar seperti pelayanan di posyandu. Termasuk fasilitas pelayanan yang ada di sini, apakah sudah sesuai standar yang ditetapkan oleh kemenkes atau belum,”kata dr. Hendro.

Kepala Puskesmas Oeolo, Gabriel Ole, S.Kep menjelaskan, Puskesmas Oeolo melayani enam desa yakni sebelah barat berbatasan dengan bikomi nilulat, sebelah timur berbatasan dengan bikomi tengah, sebelah selatan berbatasan dengan miomaffo tengah, sebelah barat berbatasan dengan Timor Leste.

Gabriel Ole menambahkan pihaknya juga sering menangani pasien dari warga Timor Leste. Puskemas tersebut sangat dekat dengan beberapa desa yang masuk wilayah Distrik Oecusse, Timor Leste.

“Sama saudara kita di Tiles sering berobat ke Puskesmas Oeolo dengan presentasi 1,5 persen,”imbuhnya.

Menurutnya sejak awal Januari hingga Desember 2018 tercatat 3000 pengunjung. Karena itu ia berharap akreditasi ini mendorong peningkatan pelayanan di puskesmas Oeolo menjadi yang terbaik dan terunggul di daerah perbatasan.

Camat Musi, Anselmus Banafanu S.Ip mendukung akreditasi yang dilakukan tim surveyor akreditasi dari Kemenkes RI merupakan salah satu bentuk motivasi penilaian terhadap kinerja petugas terhadap pelayanan kepada masyarakat.

“Akreditasi ini untuk mengukur kemampuan pelayanan Puskesmas Oeolo terhadap masyarakat. Kita berharap, akreditasi ini memotivasi peningkatan pelayanan masyarakat,”katanya

Kabid Kesmas Dinas Kesehatan TTU,  Robert Tjeunfin, sekaligus pendamping tim akreditasi mengatakan, tujuan akreditasi adalah untuk menilai mutu pelayanan puskesmas terhadap masyarakat agar mutu pelayanannya lebih ditingkatkan.

Robert menjelaskan, TTU memiliki 26 puskesmas. Sampai saat ini sudah 19 puskesmas yang telah diakreditasi. Tahun ini paling banyak yakni 10 puskesmas yang disurvey. “Sehingga 75 persen dari puskesmas yang ada sisa 7 dan tahun depan sudah harus diakreditasi,”kata mantan Dirut RSUD Kefamenanu ini sembari mengatakan diantara yang sudah diakreditasi ada yang lulus user dan madya.

Ia berharap, akreditasi yang dilakukan tim surveyor bisa memberikan potret yang baik untuk kementerian untuk mereka melakukan penilaian. “Kita harapkan yang terbaik, minimal lulus dasar apalagi persiapan untuk akreditasi sudah dilakukan dua tahun sebelumnya,”pungkasnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2017 ZONANUSANTARA.COM - Portal Berita Online Indonesia dan Dunia