Connect with us

Zona Ekbis

Sidak Pasar Tim Satgas Pangan Temukan Boraks

Reporter : Cahyono

MALANG- Tim Satgas Pangan melakukan inspeksi mendadak (sidak) dalam monitoring harga pangan menjelang Natal dan Tahun Baru. Tim Satgas Pangan yang terdiri dari anggota Polisi Polres Malang dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang Jawa Timur ini menemukan boraks atau bahan pengawet berbahaya pada pedang Pasar Lawang, Kec. Lawang Kab. Malang.

Wakasat Tindak Tim Satgas Pangan, Ipda Rudi Kuswoyo, Senin (10/11/2018), disela-melakukan sidak harga pangan di Pasar Lawang mengatakan pihaknya juga menemukan beberapa produk yang sudah melebihi tanggal edar atau kadaluwarsa. “Boraks yang dijual pedagang pasar Lawang, serta produk makanan yang kadaluwarsa langsung kita sita,” ungkapnya.

Untuk sementara barang-barang itu kita sita. Sedangkan penjualnya lanjut dia, diperiksa hanya sebatas sebagai saksi. Pemeriksaan tersebut untuk mengetahui dari mana barang itu berasal. “Karena boraks sangat berbahaya jika dikonsumsi manusia. Hal tersebut akan mengganggu kesehatan, bahkan bisa merusak sebagian organ tubuh manusia,”ujarnya

Menurutnya dalam sidak hari ini pihaknya belum menemukan menemukan kenaikan harga pangan. Hingga kini sejumlah pasar di wilayah Kabupaten Malang masih stabil. “Namun, jika nanti ditemukan harga pangan yang naiknya diluar ketentuan, maka akan kita lakukan tindakan sesuai dengan peraturan yang ada,” tegasnya.

Mujiatun pedagang di pasar Lawang yang kedapatan menjual boraks mengaku mendapat boraks dari seorang sales yang tak dikenalnya. Mujiatun mengklaim dirinya hanya menerima saja dari sales lain yang dikirim dari Jawa Tengah. Barok lanjut dia, digunakan untuk buat pentol bakso dan krupuk, agar bisa mekar.

“Boraks yang kami jual dalam kemasan plastik sebesar Rp 2.000-Rp 2.500 per bungkus. Sedangkan pedagang mendapat boraks dari sales sebesar Rp 1.500 per bungkus. Dan dirinya menjual boraks rata-rata per hari bisa lima bungkus, tapi itupun tidak pasti. Karena sales datang boraks yang datang ke tempatnya, datangnya juga tidak pasti,” terangnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2017 ZONANUSANTARA.COM - Portal Berita Online Indonesia dan Dunia