Connect with us

Zona Headline

Tim Gabungan Polri dan TNI Gagalkan Penyelundupan Tiga Unit Mobil ke Timor Leste

Reporter : Lius Salu

TIMOR,-Tim gabungan yang terdiri dari satuan tugas pengamanan perbatasan (satgas pamtas) RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN Sektor Barat, Kodim 1618/TTU dan Polres TTU berhasil menggagalkan upaya penyelundupan tiga unit mobil ke Timor Leste melalui Distrik Oekusi di Pos Napan Bawah, Rabu (19/12/2018) sekira pukul 20:10 wita.

Tiga unit mobil itu antara lain satu unit mobil jenis Toyota Rush dengan nomor polisi B 1712 FZU, satu unit mobil Daihatsu Grand Max dengan nomor polisi Z 8061 MZ dan satu unit mobil Suzuki Carry.

Kapolres TTU, AKBP Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H, SIK, MH membenarkan upaya penggagalan penyelundupan tiga unit mobil tersebut.

Sosok nomor satu di Mapolres TTU itu mengatakan upaya penggagalan tersebut merupakan sinergitas Polres TTU, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN Sektor Barat dan Kodim 1618/TTU.

“Iya memang benar telah digagalkan upaya penyelundupan tiga unit mobil ke Timor Leste melalui Distrik Oekusi. Itu Penggagalan itu merupakan sinergitas Polisi, satgas pamtas dan Kodim 1618,”katanya kepada awak media, Rabu (19/12/2018) di ruangannya.

Krisna yang turun lngsung pada saat penggagalan menjelaskan, kronologis penggagalan dua unit mobil terjadi sekitar pukul 20:05 Wita. Pada saat itu ada dua unit mobil jenis Toyota Rush dan Daihatsu Grand Max melaju dengan kecepatan tinggi dari kota Kefamenanu menuju Pos Napan. Namun karena pintu portal negara terkunci, dua unit mobil tersebut berhenti dan mereka langsung diteriaki dan dikejar oleh anggota tim gabungan.

Namun, karena jarak antara portal negara dan Pos Polisi dan Pos Napan Bawah agak jauh serta kondisi medannya sangat curam, urai Kapolres Krisna, para pelaku meloloskan diri dengan meninggalkan kendaraan di PBN Napan.

“Pelaku dapat meloloskan diri dengan meningalkan kendaraan di TKP. Selanjutnya, tim gabungan berusaha mengejar tetapi pelaku tidak dapat ditangkap karena mereka dapat meloloskan diri,” ungkapnya.

Masih Kapolres Krisna bahwa, sekitar pukul 23.30 wita dirinya bersama tim gabungan menuju PLB Napan Bawah kemudian meninjau sampai ke pintu batas wilayah RDTL. Di pintu batas, tim gabungan menemukan satu unit mobil Suzuki Carry yang terparkir di pinggir jalan yang merupakan wilayah zona netral antara RI-RDTL Distrik Oekusi, selanjutnya Kapolres menuju pos UPF dan dari pihak UPF menyerahkan kunci mobil Carry. Selanjutnya oleh tim gabungan, Polisi, satgas pamtas dan Kodim 1618/TTU, mobil tersebut diamankan dan dibawa ke Polres TTU.

Untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut, beber Krisna, tiga unit mobil tersebut sementara ini diamankan di Mapolres TTU.

“Mobil itu terparkir di pinggir jalan yang merupakan wilayah zona netral antara RI-RDTL Distrik Oeccusse, selanjutnya Kapolres menuju Pos UPF dan dari pihak UPF menyerahkan kunci Mobil Suzuki Carry,”tutupnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2017 ZONANUSANTARA.COM - Portal Berita Online Indonesia dan Dunia