Connect with us

Zona Headline

Wawasan Kebangsaan Harus Dipertahankan

Reporter : Yosef Naiobe

JAKARTA – Ketua Yayasan Intitut Transformasi dan Logistik (ITL) Trisakti
Mayjen (Purn) Dr TNI Budi Prakoso mengharapkan ada tataran nilai yang sama soal wawasan kebangsaan. Pernyataan ini disampaikan saat membuka Kuliah Umum Wawasan Kebanggsaan di Kampus ITL Trisakti, Senin (17/12/2018)

“Mau menuju ke mana harus mempertahankan wawasan kebangsaan.
Harus bela negara ini. NKRI harga mati,” kata dia.

Kuliah umum dengan tema Tinjauan Perspektif Perjuangan Bangsa Indonesia Sebagai Bekal untuk Membangun Wawasan Kebangsaan NKRI disampaikan Ketua Dewan Pembina Trisakti, Harry Tjan Silalahi, SH.

Dalam pemaparannya, Harry Tjan Silalahi lebih banyak membahas konsep dan wawasan kebanggsaan sebelum zaman kemerdekaan hingga zaman kemerdekaan. Ia pun berharap kita tidak melupakan Jas Merah. “Jangan sekali kali melupakan sejarah. (Jas Merah),” pintanya.

Harry Tjan Silalahi menyoroti betapa pentingnya merasa memiliki wawasan dan cinta Indonesia. Dalam konteks politik, aktivis mahasiswa angkatan 66 ini tidak menginkan adanya perpecahan. “Kalau nanti Pilpres yang menang adalah Indonesia,”ujarnya.

Kepada civitas akademika ITL, Harry Tjan Silalalahi menegaskan dalam situasi global saat ini, mahasiswa ITL Trisakti harus mampu menjawab tantangan tersebut. “Masalah transportasi adalah panggilan globalisasi. Karena itu ITL harus menjawab globalisasi ini,”paparnya.

Dalam sesi diskusi dipandu langsung Rektor ITL, Dr Tjuk Sukardiman. Kesempatan pertama ditujukan kepada dosen dan mahasiswa. Pertanyaan seputar tantangan yang dihadapi sesuai wajengan yang diberikan Ketua Dewan Pembina Yayasan Triaakri.

Kuliah umum ini menyoroti perpecahan paska kemerdekaan, serta pola pikir dan wawasan kebangsaan. Panitia juga menampilkan foto – foto perjuangan rakyat Indonesia memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia dengan senjata tradsional bambu runcing.

Acara ini diawali dengam apel siaga yang dihadiri seluruh mahasiswa dan para dosen di kampus ITL.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2017 ZONANUSANTARA.COM - Portal Berita Online Indonesia dan Dunia