Connect with us

Zona Headline

Abaikan Proses Hukum Rektor Pieter Fokus Pada Pengembangan Kampus

Reporter : Yosef Naiobe

MALANG – Perseteruan internal Univ Kanjuruhan Malang (Unikama) Jawa Timur selama satu tahun dinilai sangat melelahkan. Sebagai rektor Dr Pieter Sahertian, Msi mengaku tidak memiliki kapasitas untuk mengomnetari kasusnya. Ia beralasan yang berhak mengeluarkan statemant adalah pihak yayasan. Belajar dari konflik tersebut Pieter Sahertian ingin fokus pada pengembangan kampus dan penerimaan mahasiswa baru.

“Tentunya kita tidak ingin konflik terus menerus. Belajar dari konflik selama satu tahun perkuliahan dan pengembangan program di berbagai bidang baik akademisi dan SDM maupun bidang lain mengalami stagnan,” ungkap Pieter dalam Konpresnsi Press di ruang rektorat lantai 2 Kampus Unikama Kamis (3/12/2019).

Terkait konflik yang berujung pada proses hukum di PTUN Pieter enggan mengomentari. Dia beralasan sebagai badan pengelola tidak memiliki kewenangan untuk memberi pernyataan terkait masalah hukum. Dijelaskan rektorat adalah badan pengelola yang secara struktural diangkat oleh yayasan yang merupakan badan penyelenggara Unikama.

“Kami ini struktural yang diangkat oleh yayasan khususnya rektorat yang SK-nya diterbitkan oleh yayasan. Terkait konpres yang dilakukan PP LP kubu Christea terkait keabsahan SK Kemenkumham kami tidak terlalu mengurusi masalah hukum karena kami ini kan badan pengelola yang secara struktural diangkat oleh yayasan khususnya rektorat. Rektor SK dari yayasan sementara wakil rektor diterbitkan oleh rektor,” ujarnya.

Karena itu sejak terbitnya SK Kumham 0965 Desember 2018 yang mengakui Sudjai sebagai Ketua PPLP. Keputusan tersebut menurut Pieter Sahertian adalah
Keputusan yang menguntungkan rektor sebagai badan pengelola.

“Teman teman (wartawan) tahulah situasi Kanjuruhan mulai dari Januari sampai Desember 2018 tepatnya 5 Januari 2018 sejak SK Kumham atas nama Christea keluar bulan bulan berikutnya diisi dengan berita berita yang kurang baik. Hampir sebagian besar tentang konflik rebutan jabatan ketua maupun rektor,” tandas Pieter.

Dengan berpegang pada keabsahan yang diterbitkan Kemenkumham melakui S nomor 0965 Desember 2018 menurut Pieter SK ini sebagai dasar di badan pengelola untuk menyelenggarakan kegiatan kegiatan akademik. Pieter mengakui selama setahun semua kegiatan dan program pengembangan mengalami kemandekan akibat persoalan internal yang berdampak pada operasional kampus.

Kini dengan adanya pengesahan SK Kumham dan

Karena itu setelah ada pengakuan terhadap Sudjai sebagai ketua PPLP hal ini dinilai sebagai starting point sebagai momentum untuk memulai yang selama ini stagnan. “Apalagi ini bulan bulan persiapan penerimaan mahasiswa baru terutama Januari hingga Maret ini bulan promosi. Pola pola pendekatan mendekati calon mahasiswa datangi sekolahnya dengan cara cara tradisional masih kita lakukan,” bebernya.

Tidak sekedar fokus pada penerimaan mahasiswa baru pihaknya akan berusaha meningkatkan kapasitas di semua bidang baik itu bidang keuangan dan informasi termasuk hal amat penting mengingat tingkat persaingan semakin ketat.

Belajar dari konflik Pieter Sahertian ingin menciptakan suasana kondusif dan berusaha mengakhiri konflik untuk memberikan kepastian bagi sekitar 300 dosen yang meletakan masa depan untuk kepentingan kehidupan mereka melalui Unikama. Karena itu kita ciptakan ciptakan suasana yang menyenangkan supaya para karyawan bisa kerja dengan tenang.

UR 1 titik awal aktifitas yang akan kita lakukan dan titik akhir dari sebuah konflik. Waktu konflik keuangan juga terganggu sehingga tidak berjalan dengan baik.

Sementara itu Wakil Rektor I Dr. Sudi Dolaji menambahkan situasi setelah ada SK baru merupakan titik awal aktifitas yang akan lakukan dan titik akhir dari sebuah konflik. “Waktu konflik keuangan juga terganggu sehingga tidak berjalan dengan baik, ujar Dr Sudi diamini WR IV, Umiati Jawas

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2017 ZONANUSANTARA.COM - Portal Berita Online Indonesia dan Dunia