Connect with us

Zona Headline

Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang Terima Beasiswa

Reporter : Cahyono

MALANG – Ratusan mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang Jawa Timur dari berbagai jurusan dan program studi menerima beasiswa. Rektor IKIP Budi Utomo, DR Nurcholis Sunuyeko sendiri menyerahkan beasiswa tersebut bagi 267 mahasiswa berprestasi pada tahun akademik 2018/ 2019.

Menurut Nurcholis, beasiswa diberikan kepada mahasiswa berprestasi. Diantaranya beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Bidik Misi, dan beasiswa Indonesia Cerdas Bank Rakyat Indonesia (BRI). “Kami berharap, dengan diberikannya beasiswa akan membantu mahasiswa, dan secara tidak langsung akan meningkatkan prestasi mereka,” ujar dia, Minggu (6/1), kepada wartawan.

IKIP Budi Utomo kata dia memiliki filosofi. Memiliki dua padanan kata ” Budi Utomo” yang memiliki arti perilaku yang luhur. Sedangkan perilaku itu sebagai kemampuan pengetahuan dan skill atau keahlian, serta inovasi yang bermanfaat bagi orang lain.

Dengan landasan filosofi ini Nurcholis mengaku membantu mahasiswa tidak harus berupa uang. Namun, bisa berbagi dalam bentuk pengetahuan dan skil. Karena itu jangan egois dan jangan memikirkan diri sendiri. 
“Mahasiswa IKIP Budi Utomo diharapkan tidak egois. Harus bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Sehingga filosofi itu harus benar-benar tertanam dalam sanubari dan teraplikasikan dalam perilaku setiap saat,” kata Nurcholis.

Khususnya mahasiswa penerima beasiswa agar selalu memberikan manfaat kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Wakil Rektor III IKIP Budi Utomo Malang Drs Ali Badar MPd menambahkan mahasiswa yang menerima beasiswa itu, terdiri dari Bidik Misi sebanyak 96 orang, PPA 111 orang, dan Indonesia Cerdas BRI sebanyak 60 orang mahasiswa.

Jumlah nominalnya bervariasi. Bidik misi sebesar Rp 6,3 juta, PPA Rp 4,8 juta. Sementara Indonesia Cerdas BRI sebesar Rp 5 juta per tahun.  Dikatakan khusus Bidik Misi, rinciannya Rp 2,4 juta untuk  biaya pendidikan dan Rp 3,9 juta untuk biaya hidup.

“Beasiswa Bidik Misi itu bisa dicabut, jika penerimanya terlibat konflik atau kasus pidana. Selain itu, jika Index Prestasi Kumulatif (IPK)-nya kurang dari 3,25,” papar dia.

Ali berharap beasiswa tersebut bisa meningkatkan atau minimal mempertahankan prestasinya. Pemberian beasiswa oleh IKIP Budi tujuannya memberikan semangat prestasi belajar, serta juga untuk memberikan motivasi mahasiswa yang lainnya untuk lebih giat belajar. 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2017 ZONANUSANTARA.COM - Portal Berita Online Indonesia dan Dunia