Connect with us

Zona Ekbis

PDAM Kab Malang Jajaki Kerjasama Dengan Taiwan

 
Reporter : Cahyono

MALANG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kab Malang, Jawa Timur menggandeng Pemerintah Taiwan dalam bentuk kerjasama dengan Taiwan Water Corporation (TWC). Kerjasama tersebut untuk teknik pengolahan air, dan fasilitas suplai air dalam meminimalisir adanya kebocoran.

Untuk menindaklanjuti kerjasama ini pihak TWC melakukan kunjungan ke Malang yang disambut Dirut PDAM, Syamsul Hadi di Jalan KH Agus Salim Kota Malang. Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mendampingi Syamsul Hadi dalam menyambut tamu dari Taiwan yang berlangsung Selasa (8/1) siang.

Dirut PDAM H Syamsul Hadi, mengatakan, kunjungan TWC ini merupakan kunjungan balasan guna membahas bentuk kerjasama dalam teknik pengolahan air, dan fasilitas suplai air.

Syamsul mengaku kedatangan pihak TWC untuk membahas rencana kerjasama dalam pembangunan program Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) PDAM dengan Non-Revenue Water (NRW) yang bertujuan untuk mengurangi tingkat kekurangan pasokan air.

“Kami berharap, dengan melalui kerjasama dengan Taiwan ini, nantinya dapat meningkatkan dan menyempurnakan kualitas air untuk kepentingan air minum pada pelanggan,” harap Syamsul Hadi.

Menurutnya untuk mewujudkan kelayakan kerjasama dengan Taiwan menunggu hasil dari konsultan untuk menyusun Detail Engineering Design (DED).

“Selanjutnya, akan kita pelajari dan untuk disepakati bersama-sama,” kata Syamsul.

Pemerintah Taiwan sendiri telah menawarkan untuk menularkan teknologi dan pengalaman yang dimilikinya dalam  teknik pengolahan dan suplai air dengan fokus pada water treatment.

“Karena selama ini 90 persen air yang didistribusikan berasal dari sumber mata air. Sehingga dalam waktu mendatang air sungai akan kita proses seperti yang ada di Taiwan. Sebab, kondisi geografis di wilayah Kabupaten Malang banyaknya aliran sungai dan sangat mendukung penggunaan teknologi tersebut,” tandas syamsul.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2017 ZONANUSANTARA.COM - Portal Berita Online Indonesia dan Dunia