Connect with us

Zona Headline

TTU Menempati Posisi ke 5 Penderita HIV/AIDS

Reporter : Lius Salu

TIMOR – Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur Menempati posisi ke 5 penderita HIV/AIDS di NTT dengan total komulatif HIV/AIDS sebanyak 426 kasus. Data ini diperoleh dari rilis yang dikeluarkan Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) setelah mengimput dari
Dinas Kesehatan setempat. Mirisnya lagi data tersebut menyebutkan penderita teratas adalah ibu rumah tangga yakni sebanyak 62 kasus (37 persen).

Sekretaris KPA TTU, dr. Rienarmy Usfinit, Mph saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (03/01/2019 mengatakan, bahwa dari data yang ada semua kasus HIV/AIDS tersebut menunjukkan adanya kecenderungan peningkatan kasus HIV/AIDS pada perempuan di tahun 2018. Selain itu, kasus terbanyak terjadi pada Ibu Rumah Tangga (IRT), yaitu sebanyak 62 kasus (37 persen), diikuti Swasta 33 kasus dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sebanyak 22 kasus. Di seluruh kecamatan di TTU sudah ada kasus tersebut.

“Umumnya pasien datang saat sudah pada stadium lanjut. Pada tahun 2018 sendiri baru tercatat 11 kematian, tetapi banyak kematian yang berhubungan dengan kasus HIV/AIDS tidak diketahui karena kurangnya informasi pantauan kematian,” ungkapnya.

Dikatakan dalam rentang waktu antara 2016 – 208 kasus ini lebih banyak terdapat di Kota Kefa berjumlah sebanyak 111 kasus. Kemudian disusul oleh kecamatan Insana sebanyak 46 kasus, Noemuti, 35 kasus sementara Kec. Miomaffo Timur sebanyak 34 kasus.

Adapun perbandingan kasus HIV/AIDS antara laki-laki dan perempuan pada tahun 2018 didominasi oleh kaum perempuan sebanyak 47 kasus dan laki-laki 37 kasus.

“Untuk mengatasinya kita melakukan pendekatan terhadap masyarakat maupun instansi kesehatan melalui sosialisasi Waspada Bahaya HIV/AIDS dan kerjasama dalam kelompok Warga Peduli AIDS (WPA). Sejauh ini kita bersyukur karena masyarakat semakin paham dan mau inisiatif selalu mengecek perkembangannya,” pungkasnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2017 ZONANUSANTARA.COM - Portal Berita Online Indonesia dan Dunia