Gus Ipul : Jalan Tol Kertosono – Tulungagung Segera Dibangun

KEDIRI – Pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur bagian barat dan selatan, akan semakin cepat dengan segera dibangunnya jalan tol Kertosono – Tulungagung.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Calon Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul saat berkunjung ke Ponpes Kedunglo, Kota Kediri, Senin (9/4/2018) dini hari.

Dijelaskan cagub no urut 2 ini, untuk melancarkan roda perekonomian diwilayah Kediri dan sekitarnya. Akan mendorong agar segera terwujud jalan tol Kertosono – Tulungagung. Rencana ini guna mendukung adanya bandara (di Kediri) dan juga jalaur lintas selatan (JLS). “Tentu ada pusat pertumbuhan ekonomi baru, dan ini bagus untuk mengatasi kemiskinan dan juga (menambah) pendapatan masyarakat,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul yang hadir dalam acara Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dan Haul KH Abdul Madjid Ma’roef di PP Kedunglo Kediri, juga mengatakan di Jatim sudah dibangun bandara di beberapa daerah. Selain Bandara Juanda Surabaya, juga ada bandara di Banyuwangi, Bawean dan sejumlah daerah lainnya. Rencana pembangunan bandara di Kabupaten Kediri, bisa mempercepat pembangunan di kawasan barat Jatim.

Apalagi jalan tol Surabaya-Solo sebentar lagi tersambung, maka jika segera dibangun jalan tol yang menghubungkan Kertosono-Tulungagung tentu bisa lebih bermanfaat. “Saya akan mendorong pemerintah pusat segera membangun tol Kertosono-Tulungagung, sehingga pertumbuhan ekonomi bisa lebih meluas dan merata,” ungkapkeponakan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini.

Adanya pembangunan bandara baru dan jalan tol,  akan bisa membuka dan menumbuhkan jalur ekonomi baru. “Bisa menumbuhkan ekonomi, di antaranya membuka ‘city link’, membuka layanan transportasi, memudahkan orang dan barang. Ada JLS (Jalur Lintas Selatan) juga, harapannya ke depan kawasan selatan akan lebih maju. Jika saya diberi amanat memimpin, ke depan akan mempercepat pembangunan jalan tol Kertosono-Tulungagung,” tegasnya.

Rencana pembangunan bandara serta jalan tol tersebut juga bisa berdampak pada banyak bidang, seperti pariwisata yang juga bisa berkembang. Di wilayah Kediri dan sekitarnya, juga terdapat Jalur Lingkar Wilis sehingga ke depan bisa semakin terdukung pembangunannya. “Ada jalan besar, jalan tol, JLS dan Lingkar Wilis itu saling pendukung dan terintegrasi. Kawasan selatan bisa dibangun pusat pertumbuhan industri baru yang berbasis agro dan maritim,” paparnya.

Gus Ipul mengaku sengaja hadir dalam acara ini untuk bersilaturahim, ini energi, kekuatan dan majelis seperti ini ada kesalehan sosial.

Menurut Gus Ipul kesalehan sosial itu misalnya roda perekonomian masyarakat bisa berjalan, bahkan juga menghidupkan aktivitas di Kota Kediri seperti agenda parade budaya. Kegiatan ini bisa menarik, bisa dikemas seperti Jember, Banyuwangi. “Di samping mujahadah kubro, juga ada kirab budaya yang merupakan ajang bagi segenap jamaah kota lain. Untuk bagian representasi. Kami dukung terus, dan ini bisa jadi ikon baru Kota Kediri. Kami ke sini tidak bicara dukungan, tapi hanya sowan,” pungkas Wakil Gubernur Jatim nonaktif ini.rif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *