Tips Konvoi Kendaraan yang Benar

Nah mungkin diantara semua yang membaca artikel ini mungkin ada yang ingin melakukan konvoi kendaraan nah sangat pas sekali karena pada kesempatan kali ini kita akan membahs sesuatu nih.

Yap sesuai dengan judulnya maka kali ini FerdiansBlog bakalan sedikit memberikan sedikit ilmu mengenai Tips konvoi kendaraan yang baik dan benar :

1.) Tentukan rute perjalanan yang benar
Nah pertama yang akan saya share mengenai cara konvoi kendaraan yang baik adalah pertama kalian bisa koodinasi terlebih dahulu mengenai rute perjalanan yang nanti nya akan kalian lalui jangan sampai nanti ada rombongan yang tertinggal.

Nah kalian bisa ber-koordinasi atau sekedar bertanya kepada ketua yang memimpin jalan nya acara konvoi kendaraan ini agar nanti nya kalian tidak tertinggal atau salah jalan.

Ini sebenarnya penting sekali ya karena ada baiknya ketua pimpinan memberikan arahan mengenai rute perjalanan nanti nyaa.

Karena terkadang ada saja anggota yang mungkin tidak paham dengan medan jalan atau tidak paham dengan jalan sehingga ketika tertinggal nanti malah saling tunggu kan akhirnya repot sekali.

Jadi sekali lagi jangan lupa kalian pilih rute konvoi yang kalian lalui dan usahakan selalu update mengenai keberadaan agar kalau ada yang tertinggal bisa gampang menyusul nya.

2.) Persiapkan kendaraan
Kedua yang juga mengenai tips touring klub kendaraan adalah kalian juga jangan lupa untuk memeriksa fisik dari kendaraan yang akan kalian gunakan untuk beriringan nanti. Usahakan beberapa hari sudah kalian cek agar ketika hari H bisa berjalan dengan baik.

Terkadang karena saking antusias dengan acara konvoi tersebut sampai-sampai kita jadi lupa dengan fisik maupun dengan problem yang ada di kendaraan kita.

Misalkan kalian jarang menggunakan kendaraan lalu digunakan hanya untuk sekedar ikut event touring komunitas saja ya ada bagusnya kalian harus men-servise atau sekedar cek fisik saja.

Tujuan nya ya hanya untuk memastikan bahwa kendaraan ini sudah siap untuk dibawa berpergian jauh dengan jangka yang cukup lama dan agar ketika di perjalanan tidak terjadi suatu trouble.

Kalian mungkin bisa cek oli kendaraan atau cek aki untuk memastikan kendaraan ini siap.

3.) Lakukan pembagian kloter konvoi 

Ketiga yang masih sama mengenai cara konvoi adalah kalian bisa membagi beberapa kloter kendaraan yang mengikuti event tersebut. Ini tujuan nya sebenanrya untuk memudahkan jalan nya acara dan agar tidak terjadi penumpukan barisan.

Karena kan pasti kalian pernah melihat tuh yang namanya konvoi komunitas terpanjang yang mungkin itu cukup menghambat perjalanan bagi pengguna jalan yang lain nya.

Jadi daripada kita menggangu pengguna jalan yang lain nya gara-gara barisan konvoi yang terlalu panjang maka kita bisa melakukan pembagian kloter konvoi itu sendiri.

Misalkan jumlah peserta konvoi komunitas yang ikut jumlah nya ada 60 buah kendaraan nah kalian bisa membagi kloter itu menjadi 2 bagian dengan jarak waktu yang sedikit berbeda.

Misalkan kloter pertama dilepas dengan 30 anggota peserta konvoi dan selisih beberapa menit baru deh kloter kedua yang juga berjumlah 30 berangkat menuju tempat konvoi tersebut jadi kan tetap aman dan tidak menggangu pengguna jalan yang lain nya.

4.) Jaga etika
Ini yang sangat penting sekali misalkan kalian ikut kegiatan konvoi kendaraan itu kalian harus bisa yang namanya menjaga etika konvoi kalian. Jangan sampai kalian lupakan tentang etika konvoi sehingga membuat nama komunitas kalian menjadi jelek dimata orang lain.

Etika konvoi kendaraan itu harus kalian pelajari dengan baik agar ketika kalian melakukan kegiatan tersebut ya kalian bisa mengikuti dengan baik.

Karena sebenarnya ya tidak sedikit para peserta konvoi yang mungkin belum paham mengenai etika serta tata cara konvoi yang benar.

Ini penting sekali kalian pahami karena kalau misalkan kalian salah sedikit saja mungkin komunitas kalian bisa dianggap buruk oleh masyarakat lain nya.

Jadi usahakan sebelum berangkat touring atau konvoi kalian harus paham tata cara serta etika konvoi okey gaes.

5.) Tentukan titik kumpul dan titik istirahat
Ini juga termasuk penting dalam tips konvoi kendaraan karena ini berpengaruh sekali dalam berjalan lancar nyaa touring ini, sebelum kalian berangkat ada baiknya sudah ditentukan mengenai check point ataupun titik kumpul keberangkatan dan titik istirahat.

Titik kumpul ini bertujuan agar tidak ada anggota yang jalan terlebih dahulu maupun jalan paling terakhir karena konvoi ini sendiri kan sebenarnya untuk saling sama-sama.

Jadi kan sangat tidak asik sekali kalau misalkan ada member yang berangkat terlebih dahulu dan ada member yang berangkat paling akhir.

Jadi untuk mensiasati nya ya kalian bisa membuat titik kumpul konvoi seperti misalkan di rest area atau di pintu masuk tol dan saling menunggu satu sama lain.

Dengan begitu kan bisa terlihat kompak sesama member, nah setelah itu juga bisa menentukan titik istirahat agar meminimalisir adanya member yang berhenti sendirian dan akhirnya terpisah dari rombongan.

Misalkan kalian tentukan titik istirahat di rest area dan sebagai nya. Dengan begitu bisa menunjukan kekompakan komunitas yang kalian ikuti.

6.) Jangan saling salip
Ini juga sebenarnya penting ya karena kalau kita touring itu kan berbaris kan nah usahakan jangan ada yang salip menyalip diantara peserta konvoi yang lain nya. Usahakan tetap berada di barisan agar touring terlihat lancar dan tidak ada masalah.

Ini juga sama untuk memperlihatkan ke masyarakat kalau misalkan komunitas kalian itu kompak dan tetap menjunjung tinggi persahabatan.

Kenapa persahabatan? Konvoi itu sebenarnya sama seperti teman kalau misalkan kita jalan berbarengan maka akan terlihat sangat indah sekali tetapi kalau ada yang saling menyalip itu bisa merusak persahabatan kalau menurut saya ya.

Jalan pelan-pelan saja agar kalian bisa sampai berbarengan di tempat konvoi tersebut sehingga rasa persaudaraan itu semakin kental gengs.

7.) Tetap patuhi rambu lalu lintas
Banyak sekali peserta konvoi yang mungkin berfikir kalau misalkan sedang touring atau yang lain nya bisa melanggar lalu lintas tetapi ini sangat penting sekali. Ketika kalian sedang konvoi itu kalian sama dengan pengguna jalan yang lain nya.

Tidak ada beda nya hanya saja kalian ber-iringan tetapi itu bukan alasan kalian untuk melanggar rambu lalu lintas .

Apa lagi bisa dbiliang kalian membawa nama komunitas kalian yang mungkin sudah dikenal oleh masyarakat dan karena mungkin ada beberapa oknum yang melanggar akhirnya menjadi rusak deh.

Dan selain itu juga kalian jangan merasa menjadi pemilik jalanan itu, karena jujur kadang saya sering melihat ketika ada  iring-iringan touring yang merasa se enak-enak nya mereka.

Kita semua memiliki hak di jalan raya jadi kalau bisa kita tetap usahakan untuk menghargai peraturan serta menghargai pengguna jalan raya yang lain nya ya gan.

8.) Jangan gunakan strobo dll.
Ini sangat penting sekali karena mungkin diantara beberapa peserta yang menggunakan lampu strobo yang mungkin untuk gaya-gayaan saja dijalan raya. Ini sangat sering sekali saya lihat ada saja peserta konvoi yang menggunakan strobo.

Padahal sudah sangat jelas mengenai Undang-undnag penggunaan sirine , strobo dll tetapi kok ya masih saja ada yang pakai lampu seperti itu.

Itu sangat jelek sekali kalau menurut saya ya karena kalian peserta konvoi itu bukan pejabat atau anggota kepolisian yang berhak menggunakan lampu seperti itu.

Disisi lain juga ini menggangu penglihatan pengendara lain karena kan paparan cahaya nya sangat silau sekali apalagi kalau malam hari itu sangat silau loh.

Sumber : FERDIBLOG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *