Connect with us

Berita

4 Manfaat Alpukat yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Kita

Published

on

Manfaat alpukat bagi kesehatan (Foto: Pixabay.com)

4 Manfaat Alpukat yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Kita, Zonanusantara.com-Alpukat merupakan buah-buahan yang banyak diproduksi di daerah tropis khususnya di Indonesia. Namun, sedikit sekali orang yang menyukai buah yang satu ini.

Tahukah kamu bahwa alpukat sangat bermanfaat bagi kesehatan? Berikut ini 5 manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dengan memakan buah alpukat.

1. Membantu Memperlambat Pengosongan Perut
Alpukat kaya akan lemak sehingga membantu memperlambat pengosongan perut, yang membuat perut kamu kenyang lebih lama dan menunda kembalinya rasa lapar. Alpukat mangandung sekitar 22 gram lemak masing-masing (kebanyakan sebagai asam lemak tak jenuh tunggal yang berguna bagi kesehatan jantung, atau MUFA).

Dalam satu studi baru-baru ini, relawan menilai perasaan puas dan nafsu makan meningkat setelah makan pada jamuan dengan atau tanpa alpukat. Penambahan setengah buah alpukat ke makanan membuat kita lebih kenyang sehingga bisa bertahan dari lapar selama lima jam.

2. Merampingkan Pinggang-Langsing
Menurut survei terbaru, orang Amerika takut akan obesitas, mungkin karena anggapan bahwa makan lemak membuat mereka gemuk. Tetapi kenyataannya, mengonsumsi jenis lemak yang tepat sebenarnya merupakan strategi penurunan berat badan yang cerdas.

Selain mengenyangkan, lemak nabati seperti alpukat memberikan antioksidan dan melawan peradangan, yang keduanya dikaitkan dengan penatalaksanaan berat badan.

Itu mungkin mengapa penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa pemakan alpukat biasa lebih sedikit dan memiliki pinggang yang lebih kecil, bahkan tanpa makan lebih sedikit kalori.

3. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
MUFA dalam alpukat telah terbukti dapat memangkas kolesterol LDL “jahat”, dan menaikkan tingkat HDL “baik”. Alpukat pun dapat terbukti memmenurutnkan resiko penyakit jantung.

Studi dari The University of California, Los Angeles (UCLA) baru-baru ini juga menemukan beberapa efek perlindungan jantung yang luar biasa dari konsumsi alpukat.

Dibandingkan dengan makan burger tanpa alpukat, penambahan setengah dari Hass menghambat produksi senyawa yang berkontribusi terhadap peradangan, meningkatkan aliran darah, dan tidak meningkatkan trigliserida.

Alpukat juga merupakan sumber kalium, nutrisi yang membantu mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai diuretik alami untuk menyapu kelebihan natrium dan cairan keluar dari tubuh, yang mengurangi tekanan pada jantung dan arteri.

4. Alpukat Penguat Nutrisi
Menikmati alpukat saat waktu makan dapat membantu tubuhmu, menyerap lebih banyak antioksidan dari makanan sehat lainnya.

Dalam sebuah penelitian di Ohio State, ketika sesorang makan salad dengan 2,5 sendok makan alpukat, mereka menyerap lebih dari 8 kali lebih banyak alpha-carotene dan 13 kali lebih banyak beta-karoten-phytonutrien yang dikenal untuk melawan kanker dan penyakit jantung.

Baca: Cara Alami Menghilangkan Noda Jerawat di Wajah Dengan Kunyit

Studi lain baru-baru ini menemukan bahwa mencampur alpukat dengan saus tomat dan wortel meningkatkan penyerapan vitamin A pada sayuran, nutrisi kunci yang dibutuhkan untuk kulit, penglihatan, dan kekebalan tubuh.


Sumber: Cynthia Sass, MPH, RD, “Amazing Health Benefits of Avocado”