Connect with us

Berita

5 Jenis Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Kamu Hindari

Published

on

Makanan penyebab jerawat, Foto ilustrasi (Foto: Pixabay.com)

5 Jenis Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Kamu Hindari, Zonanusantara.com – Jerawat menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling umum. Bisa dibilang jerawat adalah musuh terbesar bagi kaum wanita.

Bagaimana tidak? Jerawat yang timbul pada wajah tidak saja merusak penampilan namun juga menurunkan rasa percaya diri. Apalagi jika jerawat dalam jumlah yang banyak, tentu membuat wajah tak lagi mulus. Ini membuat minder dan sulit membangun komunikasi dengan orang lain.

Sejatinya jerawat bisa dicegah jika memiliki pola hidup yang sehat. Salah satunya dengan selektif untuk tidak mengonsumsi sejumlah makanan yang berpotensi membuat wajah berjerawat. Makanan-makanan ini tidak saja bisa menimbulkan jerawat dan juga bisa membuat kesulitan menghilangkan jerawat di wajah.

Berikut ini ada 5 makanan penyebab jerawat yang harus kamu ketahui:

#1 Makanan manis

Apakah kamu menyukai makanan manis seperti cokelat dan permen? Jika ya, mulailah berpikir untuk mengurangi konsumsi makanan jenis ini.

Pasalnya, mengonsumsi makanan manis berlebihan bisa membuat kulit wajah tak sehat, apalagi untuk wajah yang tengah berjerawat. Gula yang berlebihan bisa membuat keriput kulit dan peradangan.

Sangat disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan segar sebagai gantinya. Kamu bisa menikmati aneka buah segar yang tentu lebih bagus untuk kesehatan.

#2 Makanan pedas

Selain makanan manis, juga tak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan pedas. Saat kulit ditumbuhi jerawat, sebaiknya menghindari makanan pedas.

Makanan pedas membuat peradangan kulit sehingga membuat jerawat akan sulit untuk hilang. Konsumsilah makanan yang tidak pedas jika kamu tak ingin wajah terus berjerawat.

#3 Makanan bersusu

Susu juga menjadi pantangan jika kamu tak ingin berjerawat atau ingin agar jerawat di wajah cepat hilang. Makanan yang mengandung susu membuat jerawat sulit hilang.

Baca: Tim Indonesia Raih Medali Emas Olimpiade Fisika Internasional di Portugal

Jika kamu sedang jerawat, cobalah untuk berhenti sejenak mengonsumi makanan bersusu sehingga jerawat bisa cepat hilang.

#4 Makanan cepat saji

Makanan cepat saji memang terlihat lezat dan menggoda. Makanan ini juga bisa diproleh dengan cepat terutama bagi masyarakat di kota-kota besar.

Makanan cepat saji bisa membuat risiko wajah berjerawat sangat tinggi. Jika kamu sedang bermasalah dengan jerawat di wajah, sebaiknya hindari makanan cepat saji ini.

#5 Makanan sensitif

Beberapa orang sangat sensitif terhadap makanan tertentu seperti ikan, telur, dll. Mengonsumsi makanan yang sensitif juga bisa menyebabkan jerawat timbul atau sulit untuk hilang. Ketahuilah makanan yang sensitif sehingga bisa mencegah jerawat di wajah.

Nah, itu tadi 5 jenis makanan yang bisa memicu juga membuat jerawat sulit hilang. Disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran segar yang tentu baik bagi kulit dan kesehatan tubuh.


Sumber: Buku 365 Tip for Women (Rita Lauw Fu) & Healthline.com