Connect with us

Kesehatan

Adaptasi Hidup Normal Polresta Kota Kupang Utamakan Kesehatan

Published

on

Suasana peluncuran kampung tangguh di Liliba (Hiro Bifel)

Kupang,zonanusantara.com– Pasca pelonggaran pandemi covid-19, pihak Polresta Kota Kupang, memprioritaskan empat hal. Selain masalah kesehatan, tiga lainnya,
yakni ekonomi, pangan dan keamanan

Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya Perdana P. Tarung Binti, SIK mengatakan, sejak memasuki tahap New Normal atau saat ini disebut Adaptasi Hidup Normal pihaknya memprioritaskan empat hal pokok tersebut, seiring dengan kebijakan nasional atau pusat terkait kelurahan tangguh.

“Keempat prioritas itu saling berkaitan sebagai sebab akibat dampak pandemi COVID19 yang telah merenggut ribuan bahkan jutaan nyawa manusia di dunia ini,” kata dia saat launcing kelurahan tangguh di Liliba, di Kupang, Rabu (23/7)

Kapolres Satrya mengatakan sementara melakukan sosialisasi empat hal utama tadi kepada masyarat terutama yang ditetapkan sebagai kelurahan tangguh untuk menyamakan persepsi terkait empat hal tersebut.

“Ini penting karena masih ada salah persepsi ditengah masyarakat kita soal masa “New Normal” atau adaptasi hidup normal,”ujarnya.

Hal lanjutnya, saat ada pelonggaran kebijakan terkait aktivitas kembali atau new normal masyarakat beraktifitas dalam konteks normal, tanpa mengindahkan istilah adaptasi kehidupan baru.

Ia mengatakan secara Nasional, Kampung Tangguh Nusantara (TKN) yang dibentuk mulai Juli 2020 sebagai salah satu upaya menekan penularan Covid-19 serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas.

“Ini relevan dengan Adaptasi Kehidupan baru, sehingga perlu saling mendukung dalam pengembangan Kelurahan Tangguh daerah setempat,” pintanya.

Ia menjelaskan, ide pembentukan KTN awalnya muncul dari Polda Jawa Timur yang diberi nama Kampung/RW Tangguh Semeru.

Program ini kemudian diadopsi secara nasional melalui Polri karena dianggap efektif meningkatkan partisipasi masyarakat menangkal Covid-19.

Ia berharap Kampung Tangguh Nusantara Liliba ini bisa menjadi pelopor bagi masyarakat agar lebih berdisiplin dalam menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Selain sebagai antisipasi penyebaran COVID-19, Kelurahan Tangguh Nusantara juga bertujuan mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang aman dan kondusif.

“Tentunya, kondusivitas wilayah juga menjadi tujuan utama berdirinya Kampung Tangguh Nusantara,” katanya.

Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 dirinya menghimbau kepada masyarakat Kota Kupang, untuk mematuhi himbauan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah untuk tetap menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker.

Iaemgingatkan kepada masyarakat akan adanya penemuan Vaksin Virus Corona, namun tidak berarti warga tak lagi disiplin dan taat pada protokol kesehatan.


“Kita tetap dan terus disiplin dan mematuhi protokol kesehatan Covid19 untuk keselamatan bersama,” tandasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *