Connect with us

Politik

Ayo Gagal Berkompetisi di Pilkada TTU

Published

on

Penyerahan berkas paket perseorangan di KPU setempat. (Lius Salu)

Kefamenanu,zonanusantara.com,-Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati dengan taligne paket “AYO” tersebut gagal menjadi salah satu kontestan Pilkada setelah KPU TTU menolak syarat dukungan perbaikan yang diserahkan pasangan bacalon dari jalur Indepen itu.

Ditemui diruang kerjanya, Kamis (30/7/2020), Ketua KPU TTU Paulinus Lape Feka menjelaskan, ditolaknya semua syarat dukungan perbaikan yang dimasukkan paket “AYO” Agustinus Ralan dan Yosef Akoit karena dokumen yang diserahkan tidak lengkap.

Dimana data B11 KW perbaikan atau rekapan manual per desa dan Kecamatan tidak semuanya lengkap. Selain itu juga saat dilakukan pemeriksaan, syarat atas dukungan yang diserahkan, jumlahnya tidak mencapai dua kali dari kekurangan yang ada sesuai yang diamanatkan undang-undang.

Kenyataan inilah yang membuat KPU TTU mengambil keputusan menolak syarat dukungan perbaikan yang dimasukkan. Dengan demikian bacalon pasangan bupati dan wakil bupati dari jalur persorangan ini tidak dapat lagi menjadi salah satu kontestan Pilkada.

Seperti diberitakan sebelumnya hasil verivikasi factual KPU TTU, pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati TTU, Agustinus Talan dan Yosef Akoit atau paket “AYO” yang maju melului jalur pesorangan, hanya mampu memperoleh 7.369 syarat dukungan yang memenuhi syarat dari syarat minimum 16.805 dukungan KTP.

“Sesuai aturan yang ada, paket “AYO” wajib memasukkan dokumen dukungan perbaikan dua kali lipat dari kekurangan yang ada yaitu sebanyak 18.872, namun saat penyerahan dokumen perbaikan ternyata ada sejumlah dokumen tak lengkap sehingga ditolak KPU Timor Tengah Utara,”ungkapnya.


 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *