Connect with us

Sosial Budaya

Manajemen Talenta, Sarana Menemukan Kader Pemimpin Masa Depan 

Published

on

Seminar tentang manajemen talenta

Jakarta, zonanusantara.com– Manajemen talenta dibutuhkan sebagai  sarana mempersiapkan talenta terbaik untuk mengisi posisi kunci sebagai pemimpin masa depan.
Selain itu juga bertujuan mengisi posisi yang mendukung urusan inti organisasi dalam rangka optimalisasi pencapaian tujuan organisasi dan akselerasi pembangunan nasional termasuk menyelaraskan ASN yang tepat dengan jabatan yang tepat pada waktu yang tepat berdasarkan tujuan strategis, misi dan visi organisasi.
Hal ini diungkapkan Komisioner KASN Bidang Pengawasan Penerapan Sistem Merit Wilayah 1, Sri Hadiati Wara Kustriani, MBA pada kegiatan Webinar KASN bertajuk Manajemen Talenta,  Rabu (29/7/20).
KASN melalui Kelompok Kerja Pengawasan Penerapan Sistem Merit Wilayah 1 menggelar Lesehan Online (Lapak Sistem Merit ASN Online) dengan tema Manajemen Talenta. Kegiatan yang dilakukan secara virtual ini, merupakan kegiatan perdana dan direncanakan terus dilaksanakan secara berkala.
Kegiatan yang dibuka Ketua KASN Prof. Agus Pramusinto M.P.A dan dipandu oleh Lian Ifandri dihadiri sejumlah  narasumber masing – masing  KASN Bidang Pengawasan Penerapan Sistem merit Wilayah 1, Sri Hadiati Wara Kustriani, MBA dan Plt. Deputi SDM Aparatur KemenPANRB Drs. Teguh Widjinarko, M.P.A.
Dalam paparannya Komisioner KASN yang akrab disapa Ibu Hadiati menjelaskan perubahan paradigma manajemen ASN ke arah kompetensi dan kinerja, tidak lagi berdasarkan daftar urut kepangkatan.
Menurutnya penerapan manajemen talenta, critical potition dalam suatu Instansi akan dapat terisi dari internal instansi itu sendiri.
“Manajamen Talenta ini akan memastikan critical potition terisi dari internal dan tidak perlu mencari dari luar organisasi” ungkap Hadiati
Dijelaskan, manajemen talentamemiliki akhir yakni rencana suksesi. Rencana ini kata dia antara lain mempertahankan pegawai berpotensi dan berkinerja tinggi meyakinkan pegawai yang eligible yang diberikan tanggung jawab lebih tinggi, juga posisi kunci diduduki pegawai yang memiliki kualifikasi, mengembangkan kompetensi kepemimpinan yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan organisasi.
Plt. Deputi SDM Aparatur KemenPANRB Drs. Teguh Widjinarko, M.P.A menjelaskan bahwa manajemen talenta merupakan upaya memperoleh talenta terbaik serta menjaganya agar tetap bertahan dalam organisasi.
“Dengan adanya manajemen talenta, kita sudah punya orang-orang yang siap duduk dalam jabatan tertentu, tidak perlu lagi seleksi terbuka cukup talent pool” jelas Teguh
Ditambahkan, manajemen talenta dijalankan berdasarkan prinsip – prinsip seperti objektif, terencana, terbuka, tepat waktu, akuntabel, bebas dari intervensi politik, dan bersih dari praktik KKN.
Manajemen talenta tetap memerlukan Sistem Informasi Nasional, sehingga diperlukan kerjasama dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini secara virtual mencapai lebih dari 500 orang. Seluruhnya sangat antusias mengikuti. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber dari KASN maupun narasumber dari KemenPANRB. Selanjutnya KASN akan melaksanakan kegiatan serupa dengan tema yang berbeda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *