Connect with us

Sosial Budaya

Geliat Hari Raya Idul Adha di Daerah Perbatasan

Published

on

Ilustrasi

Kefamenanu,zonanusantara.com- Hari Raya Idul Adha, merupakan hari besar keagamaan umat Islam. Puncaknya dilaksanakan pada Jumat 31 Januari 2020. Tak terkecuali, umat Islam di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur ( NTT). Meski penduduknya mayoritas non-muslim, toleransi di daerah yang berbatasan dengan Negara Timor Leste ini sangat baik.

Memasuki hari raya kurban, umat Nasrani juga mendapat pembagian hewan kurban.

Julio salah seorang warga yang rumahnya tak jauh dari masjid Agung Nurul Fallah mengatakan setiap tahun tetangganya yang merayakan hari raya Idul Adha, selalu membagikan daging kurban untuk warga non muslim.

“Kita selalu mendapatkan daging kurban. Dikasih teman teman muslim,”ujarnya.

Sementara ketua panitia Idul Adha
masjid Agung Nurul Fallah, Akmal mengatakan pihaknya menyediakan 19 ekor sapi dan 55 ekor kambing. Jumlah hewan kurban ini sedianya dibagikan untuk jemaat disekitar masjid tersebut termasuk umat Islam yang jumlahnya mencapai 1500 orang.

“Tahun ini hewan kurban sedikit berkurang ketimbang tahun lalu yang mencapai 22 ekor sapi, termasuk kambing 65 ekor,”jelasnya.

Meski secara kuantitatif menurun namun tidak berdampak pada semangat merayakan hari raya kurban.

Tentang berkurangnya hewan kurban tahun ini diakui Imam Agung Masjid Jami Al Mujahjirin, Muhammad Ismail Jazuli. Jumlah sapi yang disediakan di masjid ini tahun lalu khusus sapi mencapai 40 ekor sementara kambing jumlahnya hampir 200 ekor.

“Tahun ini sapi hanya 11 ekor dan kambing 62 ekor,”ungkap Muhammad

Menurunnya jumlah hewan kurban 2020, kata Muhammad, bisa dimaklumi karena situasi pandemi covid-19.

“Kita memahami situasi covid 19 membuat segalanya berubah,”katanya singkat.


Situasi ini berbeda dengan hewan kurban yang disediakan di Masjid Al Mujahidin. Koordinator pemotongan hewan kurban Masjid Al Mujahidin, Masbullah mengatakan, dibandingkan tahun sebelumnya tahun ini pihaknya menyediakan 11 ekor sapi dan 62 ekor kambing. Dikatakan jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya menyediakan tujuh ekor sapi dan 20 ekor kambing

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *