Connect with us

Teknologi

Pemkab Malang Tahun ini Pasang Kerangka Baja Jembatan Srigonco

Published

on

Kepala DPUBM Pemkab Malang, Ir Romdhoni. (Toski D).

Malang,zonanusantara.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) merencanakan dalam tahun ini akan memasang kerangka jembatan Srigonco di Kecamatan Bantur.

Kepala Dinas PUBM, Romdhoni mengatakan proyek tersebut atas bantuan Kementerian PUPR.

“Kita dapat bantuan dari pusat (Kementerian PUPR) berupa Kerangka Baja untuk jembatan itu,” ungkap Kepala DPUBM Pemkab Malang, Romdhoni, saat ditemui awak media, Rabu (5/8).

Menurut Romdhoni, pembangunan proyek Jembatan Srigonco (Jurang Mayit) menuju wisata pantai Balekambang yang berada di Desa Srigonco, Bantur tersebut mendapat bantuan hibah rangka baja dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupr), dan saat ini tunggu proses pengambilan.

“Kami saat ini masih mencari ekspedisi transportasi untuk mengambil hibah kerangka baja dari Kemenpupr,” jelasnya.

Apalagi, lanjut Romdhoni, dengan adanya pengurangan anggaran tersebut, dirinya tidak menampik jika ada pekerjaan pembangunan harus tertunda, lantaran adanya rasionalisasi atau refocussing anggaran untuk percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Malang.

“Adanya rasionalisasi atau refocussing anggaran, Dana Alokasi Khusus (DAK) pun sudah ditiadakan untuk tahun ini, tinggal Perubahan Anggaran Keuangan (PAK), tapi untuk anggaran ekspedisi itu sudah kami siapkan,” terangnya.

Untuk itu, tambah Romdhoni, dirinya menargetkan pamasangan kerangka baja jembatan Srigonco tahun ini bisa selesai, dan ditahun depan (2021, red) bisa dilakukan finishing.

“Saya yakin tahun ini terpasang, dan tahun depan bisa diselesaikan. Untuk sementara pekerjaan besar, kami tunda. Kami hanya melakukan pekerjaan yang sifatnya pemeliharaan. Untuk finishing Jembatan Srigonco akan kami lakukan tahun depan,” tukasnya.

Sebagai informasi, pembangunan jembatan Srigonco, Bantur tersebut telah menelan anggaran daerah sebesar Rp 18 miliar sejak dimulai pada tahun 2017 silam.


Pembangunan jembatan Srigonco tersebut dilakukan untuk mendukung kemajuan pariwisata, karena jembatan Srigonco itu merupakan merupakan jalur dari Kecamatan Bantur menuju Pantai Balekambang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *