Connect with us

Lowongan Kerja

Butuh Tenaga Kerja Khusus Difabel, PT Cakra Guna Cipta Surati Disnaker Kabupaten Malang

Published

on

Calon tenaga kerja khusus kaum difabel sedang mengikuti proses seleksi

JAKARTA, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang, mendampingi delapan orang difabel untuk mengikuti tes wawancara di PT Cakra Guna Cipta.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas, Sri Mahanani menjelaskan pendampingan ini merespon pernintaan tenaga kerja dari perusahaan yang ingin merekrut tenaga kerja khusus kaum difabel. Dalam surat yang disampaikan kepada Disnaker setempat perusahaan yang bergerak di bidang priduksi rokok ini mencantumkan dasar hukum mengenai perekrutan tenaga kerja kaum difabel.

Sambungnya, dalam surat itu disebutkan, mempekerjakan difabel merupakan implementasi dari amanat undang-undang yang tertuang dalam UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. Bahwa perusahaan berkewajiban mempekerjakan difabel dengan prosentase satu persen dari total perusahaan.

“Kami merespon surat dari PT Cakra Guna Cipta, yang meminta rekomendasi difabel tuli,” beber perempuan yang akrab disapa Nanik itu, Rabu, (14/10).

Calon tenaga kerja yang dibutuhkan harus melalui seleksi tes wawancara, kesehatan dan observasi lapangan. Sebelum mengikuti tes wawancara delapan difabel yang didampingi oleh Kasi Kelembagaan Pelatihan, Rely Achmad dibantu staf dinas tersebut antara lain Dian Ayu Antika Hapsari, dan Wahyu Evianto Ramadhan.

Humas Disnaker, Dian Ayu Antika Hapsari dalam rilisnya yang diterima media ini menjelaskan saat tes wawancara, tim human resource development (HRD) PT Cakra Guna Cipta juga menggunakan papan tulis untuk lebih memudahkan komunikasi.

“Para pelamar kerja memiliki latar belakang yang berbeda. Ari Ana Zaqiyah misalnya. Ibu satu anak itu harus menjadi tulang punggung keluarga. Karena suaminya tidak bekerja,” ungkapnya.

Mantan wartawan ini menambahkan, seorang calon tenaga kerja, Moch Arif Hamzah ingin bekerja untuk membantu ekonomi keluarga.

Sementara itu, Manager HRD PT Cakra Guna Cipta, Rika Lestari, mengatakan saat ini perusahaan rokok dengan jumlah karyawan sekitar 900 orang ini sudah mempekerjakan 14 difabel.

“Mereka ditempatkan di beberapa bidang,” kata dia.

Perusahaan kata Rika, merasa puas dan bangga atas kinerja para karyawan khusus ini. Memikiki produktivitas tinggi dan cekatah dalam bekerja.


 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *