Atlet Pelajar TTU Siap Bertanding di Popda

Kefamenanu, Zonanusantara.com,- Sebanyak 48 atlet tingkat pelajar SMP/MTS dan SMA/MA di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), siap bertarung pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke IV di Kupang, 24-28 Juni mendatang. Mereka akan didampingi lima orang ofisial dari Dispenpora Kabupaten TTU.

Hal ini diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispenpora) Kabupaten TTU, Yosep Luiz Mokos kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (22/5/2019).

Sebanyak 48 atlet pelajar tersebut menurut Yosep, akan mengikuti lima cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada kegiatan tersebut, antara lain,Taekwondo, kempo, karate, silat dan tinju.

Dari lima cabang tersebut, Yosep optimistis Kabupaten TTU akan menyumbang medali terbanyak pada iven tersebut terutama dari tiga cabang olahraga yang menjadi cabang andalan Kabupaten TTU yakni taekwondo, kempo dan tinju.

Terkait persiapannya, Yosep Mokos yang didampingi Kepala Seksi Peningkatan Prestasi Olahraga Dispenpora Kabupaten TTU, Guido Valadares, S. Sos mengatakan, persiapannya sudah maksimal dilakukan melalui teknikal center di setiap cabang olahraga.

“Pelatihan yang dilakukan selama ini sudah maksimal di setiap cabang olahraga sehingga diharapkan dari lima cabang yang diikutsertakan bisa menyumbang prestasi medali untuk Kabupaten TTU,” imbuhnya.

Yosep pada kesempatan itu menyebutkan hasil perolehan medali tahun 2018 Kabupaten TTU sebanyak 46 medali. Kempo 16 medali, Taekwondo 12 medali, Karate sembilan medali, tinju tiga medali, silat dua medali dan atletik empat medali.

Perinciannya emas tujuh medali, perak 16 medali dan perunggu 23 medali.

“Kami berharap tahun ini lebih meningkat prestasi para atlet melalui perolehan medali lebih dari 46 medali,” harapnya.

Di akhir wawancara, Yosep mengatakan ada empat tujuan utama dari kegiatan pekan olahraga pelajar daerah tersebut.

Tujuan pertama adalah untuk mengukur pencapaian pembinaan prestasi olahraga antar pelajar di Provinsi NTT.

Kedua adalah untuk menjalin persatuan dan kesatuan antar sesama atlet ditingkat pelajar.

Ketiga, mencetak/ melahirkan calon-calon atlet di tingkat pelajar. Dan ke empat sebagai ajang seleksi atlet pelajar menuju event pekan olahraga pelajar nasional (popnas) ke XV tahun 2019 di Jaya Pura Propinsi Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here