Bulan Dirgantara 2019, Terbang Gembira dengan Hercules TNI AU

Foto : Toski

Malang, Zonanusantara.com – Pangkalan Udara (Lanud) TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh, Malang, dijadikan area kegiatan sosial. Salah satunya, VIP Social Event dan Joy Flight C130 Hercules, Senin (8/4/2019).

Kegiatan tersebut menggunakan dua unit pesawat Hercules A 1335 dan A 1305. Digelar dalam rangka memperingati Bulan Dirgantara 2019 dan HUT TNI Angkatan Udara ke-73.

Pesawat Hercules tersebut membawa rombongan istimewa, yaitu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V/Brawijaya, Pangdivif 2/Kostrad, Pangkoarmada II, Plt Bupati Malang, dan jajaran forkopimda Malang Raya.

Hal yang menarik, selain rombongan pejabat sipil dan TNI tersebut, Hercules juga membawa siswa-siswi TK Angkasa Lanud Abdularachman Saleh, siswa SLB Kedungkandang serta SLB Negeri Batu.

Kedua pesawat tersebut terbang sekitar 30 menit dan kembali tiba di halaman monumen pesawat Bhakti Dirgantara Lanud Abdulrachman Saleh. Mereka langsung disambut drum band dari SMK Penerbangan Angkasa.

Pada kesempatan itu Gubernur Jatim mengapresiasi pilot dan co-pilot Hercules yang landing secara luar biasa mulus dan bisa mendarat dengan aman.

“Kita harus ikut bahagia, karena saat ini kita juga bisa mengajak anak-anak berkebutuhan khusus untuk melihat udara Malang Raya. Pilot dan co-pilotnya hebat dan handal,” ungkap Gubernur Khififah saat ditemui awak media usai naik Hercules.

Selain itu, lanjut mantan Menteri Sosial itu, lewat even tersebut diharapkan dapat memberikan ruang berkreasi dan berprestasi bagi anak-anak.

“Mari kita berikan ruang berkreasi dan berprestasi kepada anak-anak ini. Mereka juga memiliki kesempatan yang sama seperti anak-anak lainnya,” imbuh Ketua Umum Fatayat NU itu

Komandan Lanud Abd. Saleh, Marsma TNI Hesly Paat, mengatakan kegiatan tersebut merupakan ajang silaturahim antara TNI AU dengan masyarakat, sekaligus sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak berkebutuhan khusus.

Lantaran itu acara tersebut juga menyuguhkan penampilan-penampilan siswa istimewa dari SLB Negeri Batu seperti berpantun, mengaji, karate, panthomim, dan fashion show.

“Dalam kesempatan ini, kami ingin memperkenalkan alutsista TNI AU, sekaligus meningkatkan minat kedirgantaraan. Hal tersebut merupakan wujud dari integrasi para prajurit TNI AU dengan masyarakat Malang Raya. Bahkan, kami juga menyediakan fasilitas donor darah di kabin pesawat Hercules,” pungkas jenderal bintang satu TNI AU itu.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Jatim bersama Danlanud Abd. Saleh beserta tiga pimpinan daerah Malang Raya menandatangani Piagam Kolaborasi Ramah terhadap Anak-Anak Berkebutuhan Khusus se-Malang Raya. Tujuannya menyatukan visi dan persepsi bahwa siapa pun harus bersikap ramah kepada anak-anak istimewa tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here