Dokter dan Perawat di RS Leona Kefamenanu Segera Diperiksa

Foto : Lius Salu

Kefamenanu,zonanusantara.com,- Dalam waktu dekat penyidik di Polres Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan memanggil dokter dan perawat di Rumah Sakit (RS) Leona. Pemanggilan itu terkait dengan dugaan malpraktik yang menewaskan pasien, seorang bayi.

Bayi tersebut diketahui bernama Abraham Mariano Moni. Abraham meninggal setelah mendapatkan pelayanan perawatan medis dari paramedis di RS Leona.

Hal tersebut terungkap pada saat Satuan Reskrim Polres TTU melakukan gelar perkara  terkait dengan dugaan kasus malpraktik yang diduga dilakukan oleh petugas medis di RS Leona, Kefamenanu, hingga menewaskan pasien tersebut.

Kegiatan gelar perkara dipimpin oleh Kapolres TTU, AKBP Rishian Krisna Budhiaswanto, SH, SIK, MH, diikuti oleh Kasat Reskrim AKP Tatang Panjaitan, SH, SIK, MH; PAUR Bankumrapkum 1 Bagsumda, Iptu I Wayan Sujendra; KBO Reskrim, Ipda Bayu Rizky Subagyo, STr.K; Kasiwas, Ipda Kosmas Lau; Kasi Propam, Ipda Ignatius Andrean Setianto, STr.K; serta anggota Satuan Reskrim Polres TTU, Kamis (10/18/2019) lalu.

Kasat Reskrim Polres TTU, AKP Tatang Panjaitan menuturkan, tim penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap lima orang. Mereka terdiri atas pelapor (suami-istri, orangtua bayi), serta dr. I Putu Antara, M.Biomed, Sp.A selaku dokter spesialis anak, dr. Hendri selaku dokter umum, dan Drg. Rizky Anugrah Dewati selaku Direktur RS Leona di Kefamenanu.

AKP Tatang menyampaikan, saat ini pihaknya belum mendapatkan keterangan dari dokter dan perawat yang menangani bayi di RS Leona, 18 – 21 Agustus 2019, karena yang bersangkutan tidak memenuhi panggilan.

“Kami sudah lakukan panggilan kepada dokter dan perawat yang menangani bayi di RS Leona, tetapi mereka tidak hadir,” tandasnya.

Sampai dengan saat ini, urai AKP Tatang, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan patology anatomi di RS Prof Dr. W. Z Yohanes, di Kupang. Hasil otopsi korban, serta hasil rekam medis korban dari RS Leona di Kefamenanu untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut.

Selanjutnya dalam waktu dekat penyidik akan segera melakukan pemanggilan terhadap dokter, maupun perawat yang menangani bayi Mariano serta staff administrasi RS Leona di Kefamenanu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here