Golkar Akan Sodorkan Dua Calon Wabup Malang

Kuswantoro Widodo, SH (Foto : ist)

Malang,Zonanusantara–  |Partai Golkar akan mengajukan dua calon wakil bupati (cawabup) Malang. Hal itu berkaitan dengan kekosongan Wabup Malang atas ditetapkannya Drs. HM Sanusi, MM sebagai Bupati Malang definitif, menggantikan Rendra Kresna.

Wakil Ketua Bidang OKK Partai Golkar Kabupaten Malang, Kusmantoro Widodo, SH menjelaskan, pihaknya punya kewenangan untuk mengajukan kandidat wakil bupati.

“Golkar merupakan salah satu partai pengusung (Rendra Kresna – HM Sanusi) selain PKB dan NasDem,” kata Kusmantoro, Selasa (18/6) kemarin.

Apalagi saat itu, lanjut Kusmantoro, bupati terpilih (Rendra Kresna) berasal dari Partai Golkar. Memang pada saat di perjalanan yang bersangkutan pindah kepartai lain (pindah ke Nasdem) dan tersandung masalah hukum (tindak pidana korupsi) dan vonis bersalahnya telah berkekuatan hukum tetap. Otomatis wabup yang berasal dari PKB “naik” menjadi bupati definitif.

“Partai Golkar akan secepatnya berkirim surat pengajuan usulan untuk jabatan wabup melalui DPRD Kabupaten Malang,” ujar Kusmantoro.

Ia tambahkan, terkait usulan pengajuan jabatan sebagai wabup tersebut Partai Golkar akan menyodorkan dua nama yang berasal dari kader internal, yaitu Siadi (Ketua DPD II Partai Golkar setempat) dan Kusmantoro selaku Wakil Ketua Bidang OKK.

“Usulan dua nama tersebut sudah menjadi kesepakat bersama dari seluruh sturuktur DPD Partai Golkar Kabupaten Malang,” papar Kusmantoro

Secara terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Drs Hari Sasongko, menjelaskan terkait usulan jabatan wabup Malang. Semua itu bergantung pada partai pengusung. Bila memang ada surat pengajuan dari partai ke DPRD, pihaknya akan meneruskan surat tersebut kepada Mendagri melalui Gubernur Jatim.

“Semua kewenangan usulan jabatan wabup teraerah partai pengusung. Kami hanya sebatas melanjutkan usulan tersebut,” terang Sasongko.

Berdasarkan pada aturan yang ada, partai pengusung bisa mengusulkan jabatan wabup minimal masih tersisa 1,5 tahun masa jabatan.

”Untuk Kabupaten Malang masih memenuhi unsur itu, sebab informasinya Mendagri akan melantik Plt Bupati Malang pada bulan-bulan ini (Juni),” pungkas Hari Sasongko. (Yahya).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here