IBU Malang Jajaki Kerjasama Dengan Taiwan

Humas IKIP Budi Utomo, Dr Rochsun (dok. Humas)

Malang, Zonanusantara.com – Institut Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Budi Utomo yang diakronim dengan IBU Malang, Jawa Timur menjajaki peluang kerjasama dengan Taiwan.

Kepala Pusat Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (Humas) Dr Rochsun mengatakan pihak Taiwan telah mengundang rektor ke Taiwan untuk memastikan kemungkinan peluang kerjasama ini. Namun karena undangan yang diberikan waktunya bersamaan dengan wisuda sehingga rektor belum belum bisa ke sana.

Rochsun menjelaskan jadwal yang tertera dalam undangan yang diterimanya antara lain 26 hingga 29 Maret. Sementara IBU akan melaksanakan wisuda pada 30 Maret 2019.

“Dilihat dari jadwal yang ada sangat tidak memungkinkan rektor ke sana. Sebab jika 29 Maret beliau baru pulang, sementara saat itu sedang ada gladi bersih,” kata Rochsun, Jumat (1/3/2019).

Jika peluang kerjasama ini dilaksanakan maka Taiwan merupakan negera kedua yang bakal menjalin kerjasama dengan IBU. Sebelumnya IBU telah menjalin kerjasama dengan Thailand. Bahkan belum lama ini IBU mengirim tujuh mahasiwanya untuk magang selama satu bulan di sana.

Rektor IKIP Budi Utomo, Dr Nurcholis (dok Humas)

“Sekarang kita kirim lagi tiga mahasiswa. Mereka baru diberangkatkan. Sementara tujuh mahasiswa lainnya telah kembali,” ujarnya.

Ketika ditanya kenapa jumlah mahasiswa berkurang dari kloter pertama, pria yang selalu akrab dengan wartawan ini mengaku tiga mahasiswanya bergabung dengan mahasiswa magang lainnya dari Yogya dan Jawa Timur.

“Ada mahasiswa dari kampus lain yang juga magang di sana makanya jumlahnya hanya tiga orang,”ungkapnya.

Baca: Jaring Minat Mahasiswa Asing, IBU Perluas Akses ke Luar Negeri

Terpisah rektor Dr Nurcholis Sunuyeko, mengatakan selain Thailand, negara berikutnya adalah Taiwan. IBU kata dia, akan mengirim mahasiswa untuk magang di Taiwan. Jumlahnya mahasiswa magang pun akan bertambah.

“Untuk ke depan kita akan kirim 10 mahasiswa untuk magang ke Taiwan,” kata Nurcholis.

IBU termasuk lembaga pendidikan yang pluralistik. Bahkan banyak mahasiswa asing yang kuliah di sini. Data yang diperoleh 10 tahun terakhir sedikitnya terdapat 80 mahasiswa asing yang kuliah di IBU Malang.

Dari jumlah tersebut sebagian besar telah selesai kuliah dan kembali ke negara asalnya. Sementara yang masih aktif kuliah berjumlah 22 mahasiswa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here