ITL Trisakti Ingin Berkompetensi Kelas Dunia

Kampus ITL Trisakti Jakarta
Kampus ITL Trisakti Jakarta (Foto: itltrisakti.ac.id)

Jakarta, Zonanusantara.comInstitut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti Jakarta belum lama ini genap satu tahun. Memiliki visi menjadi badan penyelenggara pendidikan tinggi bertaraf internasional sebagai wadah pembangunan bangsa yang pluralistik berazaskan Pancasila mendapat SK Menristek Dikti Nomor : 176/KPT/I/2018.

Menilik SK tersebut ITL Trisakti belum lama berdiri. Namun secara fakta, kampus yang berlokasi di Jalan IPD Kebon Nanas Jakarta Timur ini memiliki sejarah panjang. Bahkan kini sudah berusia 49 tahun.

Sebelum menjadi ITL, sejak awal berdiri pada tahun 1970 namanya, Akademi Angkutan Udara Niaga (AAUN). Dalam perjalanan waktu AAUN terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Selama 15 tahun beroperasi, AAUN mengalami perubahan menjadi Sekolah Tinggi Managemen Transportasi (1986). Pada 7 Pebruari 2018 Kemendikti mengeluarkan SK perubahan bentuk menjadi ITL. Siklus perubahan nama ini mengikuti trend sesuai perkembangan teknologi dari waktu ke waktu.

Inilah litani perjalanan panjang bagaimana ITL yang terus bermetaforsis dengan waktu untuk mengejar obsesi berkompetisi kelas dunia dalam bidang transportasi dengan metode pembelajaran digital yang bereputasi global guna melayani generasi milenial.

Rektor ITL Trisakti Dr Tjuk Sukardiman dalam sebuah wawancara menegaskan ITL bereputasi global dalam kegiatan transformasi, transportasi dan logistik.

Karena itu dulu lahir dengan AAUN dan kini berganti dengan ITL dalam rangka menuju terwujudnya world class yang berbasis keunggulan menjadi pusat keunggulan pada program program studi Transportasi dan Logistik dengan metode pembelajaran digital siap melayani generasi milenial.

Dr Tjuk mengaku tugas ini tidak mudah. Karenanya harus dilakukan oleh sumber daya manusia yang transformasional. “Dengan demikian bahwa civitas akademika ITL Trisakti itu harus transformasional,” paparnya.

Dengan demikian maka perlu ada semacam pedoman pembelajaran dan pelatihan transformasional leadership dan management bagi para dosen dan karyawan serta dalam wujud perkuliahan bagi mahasiswa.

Strategi ini dimaksudkan dengan tujuan untuk membangun dan membentuk SDM unggul dan berwawasan kebangsaan, berkarakter Pancasila berkompetensi pada kelas dunia bisa terwujud.

Dr Tjuk menegaskan bahwa orientasi Pendidikan Tinggi harus memegang teguh pada Tirdharma Pendidikan Tinggi yakni pendidikan/ pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Untuk menuju pada Tri Dharma Pendidikan Tinggi harus memiliki langkah langkah strategis bagi siapa saja yang memimpin juga yang dipimpin melaksanakan tugas di ITL Trisakti dengan 5 (lima) langkah strategis yakni

  1. Selalu mendasarkan pada fakta fakta yang diolah menjadi data
  2. Sehingga mampu memperoleh fenomena / gejala gejala yang benar dan akurat
  3. Setelah tahu dengan akurat mulai mencermati sistemnya benar atau tidak
  4. Model sikap mental yang telah ada bagaimana
  5. Diperlukan pemahaman visi dan misi bersama seperti apa?

Untuk menuju ke lima langkah strategis ini pimpinan dan staf di lingkungan ITL Trisakti ini dibekali dengan 7 (tujuh) kebijakan kebijakan utama yaitu

  • Membangun dan meningkatkan terus institusi lengkap dengan prasarana dan sarana serta SDM
  • Mempertahankan dan meningkatkan terus akreditasi program studi yang ada
  • Melaksanakan penerapan dan meningkatkan terus penerapan standarisasi mutu Perguruan Tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri.
  • Memenuhi dengan kondisi regulasi regulasi Perguruan Tinggi.
  • Menjaga dengan teguh dan tangguh reputasi ITL Trisakti
  • Mengembangkan terus promosi keseluruh wilayah dalam negeri dan luar negeri.
  • Mengembangkan terus menerus tanpa henti kolaborasi antar Perguruan Tinggi juga industri baik dalam negeri dan luar negeri.

Modal utamanya harus memiliki 9 (sembilan) modal utama antara lain niat baik, berkomitmen kuat, cepat merespon dan mengambil tindakan atau aksi, peduli, jujur, ikut ambil bagian (peran), kreatif, inovatif) dan produktif.

Baca: ITL Trisakti Akan Gelar Ceramah Pengaruh Disruption 4.0

“Saya kira dengan modal ini diharapkan bahwa TLM Trisakti bisa diwujudkan,” harap Dr Tjuk Sukardiman.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here