ITL Trisakti Siap Menerapkan Sistem Industri 4.0

Jakarta, Zonanusantara.com – Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti siap menerapkan perkuliahan sesuai perkembangan industri 4.0.

Hal ini disampaikan Rektor ITL Trisakti Jakarta, Dr Tjuk Sukardiman ditemui di sela sela ceramah umum tentang Pengaruh Technology Disruption 4.0 terhadap Penyelenggaraan Transportasi dan Logistik dan benarkah Society 5.0 benar-benar sebagai salah satu solusinya yang dilaksanakan di lantai 7 kampus Trisakti Jalan IPD Kebon Nanas Jakarta Timur, Selasa (19/2/2019).

Menyikapi sistem logistik yang bakal diambil-alih tehnology digitalisasi, Dr Tjuk Sukardiman berjanji akan merubah perkuliahan tentang Logistik harus menyesuaikan dengan perubahan industri 4.0 tersebut.

“Dalam perkuliahan berusaha untuk mengintegrasikan teknologi 4.0 kemudian mendukung logistik nasional kita sehinga ITL Trisakti diharapkan bisa memberikan kuliah kuliah yang terintegrasi dengan perkembangan industri tersebut,”ujarnya.

Perubahan yang dimaksud, termasuk materi kuliah. Namun menurutnya yang penting dosennya memiliki pengetahuan tentang industri 4.0 sehingga jangan sampai terjadi description destruktif terhadap proses transportasi dan logistik. Dengan cara ini kata Tjuk Sukardiman, perkuliahan pun harus disesuaikan.

Di era digitalisasi saat ini, sarana dan prasarana diakui sudah tidak berpengaruh. Sistem manajemennya yang akan berubah dengan total. Dicontohkan, dengan start up inovation technology. Bagaimana pemesan tiket, order pengiriman barang, penataan pengiriman barang, prosedur pengiriman barang sudah full online.

“Jadi sama sekali mengurangi tenaga manusia. Maka dengan demikian pendidikan juga harus menyesuaikan dengan segera,” pungkas Dr Tjuk Sukardiman.

Sementara itu salah satu pemateri, Cahjadi Lukiman mengaku dalam era digitalisasi, cara ngangkut pikulan sudah bukan jamannya lagi. Semua pakai sistem.

“Iya kan? Sekarang ga bisa lagi pakai kuda besi. Cara nagngkut pakai pikulan ga bisa lagi,” aku Cahjadi.

Menuju industri 4.0 yang diartikan sebagai tehnology digitalisasi, meninggalkan cara konvensional mau tidak mau harus ke digitalisasi logistik. Karena itu ia menyarankan agar salah satu institut (ITL) Trisakti ini bisa mengajarkan sistemnya sehingga para mahasiswa jebolannya itu bisa siap pakai.

“Kita tambah prodi aja misalkan soal IT atau aplikasi. Jadi bagaimana link and match antara dunia akademi dengan dunia usaha spy bisa nyambung,” papar Cahjadi.

Dikatakan budget logistik sangat besar. Tahun ini sebesar 400 triliun. Dan diperkirakan akan bertambah secara signifikan sebesar Rp 2000T Tahun 2050 pasar logistik. Dikawatirkan jika tidak tak siap SDMnya akan diambil asing semua.

“Pemerintah siapkan pelabuhan, jalan, bandara tapi sistemnya ketinggalan,” kata dia.

Ia mencontohkan cold storage untuk nelayan. Itu satu ilmu. Bagaimana efisiensi perikanan. Cara hemat misalnya, ada kapal khusus menangkap ikan di laut, sementara kapal lain khusus mengambil pulang pergi. Dikatakan selama ini kapal penangkap ikan ke tengah laut pulang hanya bawa ikan sekapal itu.

“Kenapa kapal tidak mancing terus dari tengah laut. Sampai ke darat itu pakai kapal lain bolak balik. Itu kan lebih efisien. Kalau ga kita kalah bersaing. Akhirnya logistik kita dikuasai lagi sama luar. Itu yang bisa kita rebut bagaimana caranya,” tandasnya.

Menurutnya, kesiapan sumber daya Manusia yang bisa menjalankan dan membuat sistem. Istilahnya 4.0 ya menuju digitalisasi. Berarti manusianya harus tahu digital.
IT nya juga diperkuat. Dia memberi contoh, misalkan kita cari gojek kan bisa lihat di google map. Gojeknya ada di mana.

Baca juga: ITL Trisakti Ingin Berkompetensi Kelas Dunia

“Seperti ibu Susi dia tau kapal luar ada di mana yang bisa ditangkapin hanya melihat satu layar. Yang punya hanya orang tertentu.

Ceramah umum berlangsung dalam dua sesi. Pertama tentang Pengaruh Technology Disruption 4.0 terhadap Penyelenggaraan Transpirtasi dan Logistik dan benarkah Society 5.0 benar-benar sebagai salah satu solusinya?

Sesi II tentang Sosialisasi Transformational Leadership and Management ITL Trisakti membawa AAUN/STMT/ITL Trisakti From Good to Great menuju World Class Institute, ITL Trisakti Bereputasi Global.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here