Komisi A Merespon Masalah Pilkades di Desa Jabung Sisir

Foto : Syamsul

PROBOLINGGO, Zonanusantara.com Komisi A  DPRD Probolinggo, Jawa Timur merespon pengaduan masyarakat setempat terkait dugaan ketidaknetralan panitia pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di daerah itu. komisi A siap menindaklanjuti aspirasi masyarakat untuk membongkar dugaan tersebut, terutama di Desa Jabung Sisir.

Ketua komisi A Sumarmi Rasyid didampingi Dani Nuruddin dan Salehuddin mengatakan telah  menggelar rapat dengar pendapat terkait aspirasi yang berkembang terkait Pilkades di desa tersebut.

Komisi A kata dia akan segera melakukan investigasi dari aspirasi warga untuk menyelesaikan persoalan ini.

“komisi A akan cros chek lapangan ke Paiton,”ucap Sumarmi Rasyid, ” Senin (4/11)

Sementara Sekdin PMD Probolinggo, Syamsul Huda kepada  awak media menjelaskan dalam waktu 20 hari pihaknya akan cros chek atas keaslian dokumen persyaratan kandidat calon kades demi pilkades demokrasi dan berkualitas.

“jika ditemukan ada satu saja indikasi pemalsuan dokumen, maka secara otomatis panitia pilkades akan mendiskualifikasi bacakades bersangkutan dari bursa cakades,”jelas Syamsul Huda.

Tokoh kharismatik KH.Anwaruddin mengatakan dugaan ketidaknetralan panitia pilkades termasuk praktek inkonsistensi aturan main.

KH.Anwaruddin

Dikatakan praktek ini akan memicu rasa ketidakpuasan masyarakat, dan dikawatirkan memberi ruang adanya potensi kerawanan akibat ketidakpuasan kerja panitia seleksi.

Ia juga mengancam akan membawa persoalan ini ke ranah hukum jika Pemda setempat tidak segera mencarikan solusi penyelesaian menyeluruh atas persoalan ini.

“Kalo pemda menolak memfasilitasi atas persoalan ini,warga siap melapor ke polda Jatim supaya pilkades ini demi warga, agar pilkades berjalan demokratis dan berkualitas,”tegas KH. Anwaruddin.

Data yang diperoleh, salah satu calon kades memasukan dokumen berupa legalisir ijazah setelah pendaftaran ditutup. Namun panitia meloloskan calon yang bersangkutan.

Miskad salah satu panitia ketika konfirmasi via ponsel mengaku bekerja sesuai mekanisme yang berlaku. (Syamsul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here