Komunitas Belajar ‘TO MACCA’ dan SMP Negeri 4 Sibulue Menjadi Agen Penguatan Literasi dan Numerasi

IMG 20231107 230716 - Zonanusantara.com

IMG 20231107 230747 - Zonanusantara.com

BONE– UPT SMP Negeri 4 Sibulue telah menyelenggarakan acara Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah pada Selasa, tanggal 7 November 2023. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran peserta didik tentang pentingnya literasi dan numerasi dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh guru dan difasilitasi oleh Ansar, S.Pd dan Ahmad Nurdiansyah, S.Si.M.Pd.

Read More

Penguatan literasi dan numerasi di sekolah menjadi fokus utama dalam berbagi praktik baik ini. Hal ini mendorong guru untuk lebih berfokus pada pengembangan daya nalar daripada pengetahuan konten yang luas namun dangkal. Fasilitator juga menekankan bahwa peningkatan kompetensi literasi dan numerasi adalah tanggung jawab bersama, melibatkan semua guru dalam kolaborasi.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengevaluasi kompetensi literasi dan numerasi yang diperoleh dari hasil ANBK tahun 2023 dan memberikan wawasan kepada para guru tentang cara meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi tahun 2024 dan seterusnya. Para guru diharapkan menjadikan literasi dan numerasi sebagai dasar dalam proses pembelajaran untuk membantu peserta didik menghadapi Assesmen Nasional dengan lebih percaya diri.

Baca Juga :  Prestasi Gemilang, Annisa Pratiwi Ramadhan Siswa SMAN 13 Bone Raih Juara I Nasional Olimpiade Sains Fisika

Pentingnya kolaborasi antara sekolah, pemerintah, guru, orang tua, dan masyarakat dalam mencapai peningkatan literasi dan numerasi di tingkat sekolah juga ditekankan. Ini mencakup penyediaan sumber daya yang memadai, pengembangan kurikulum yang inklusif, serta program pelatihan dan pembinaan bagi para guru untuk meningkatkan kompetensi masing-masing.

Guru memiliki peran sentral dalam mengajar dan mengembangkan keterampilan literasi dan numerasi siswa. Oleh karena itu, guru dihimbau untuk terus meningkatkan kompetensi dan mengadopsi metode pengajaran inovatif. Mereka juga diharapkan bekerja sama dengan rekan sejawat dalam mengembangkan kurikulum dan berbagi pengalaman serta pengetahuan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran.

Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajarkan literasi dan numerasi, UPT SMP Negeri 4 Sibulue telah bekerja sama dengan Komunitas Belajar To Macca yang diketuai oleh Hj Nurhaedah Abdullah, S.Pd. Kegiatan ini diikuti oleh 19 orang guru dan mencakup strategi pembelajaran literasi dan numerasi, penggunaan media dan teknologi dalam pembelajaran, serta materi-materi pembelajaran yang up-to-date dan relevan. Selain itu, para guru juga mendapatkan contoh praktik pengajaran langsung dari tim ini.

Baca Juga :  KPK Tegur Pemkab Malang Soal Anggaran Makan Minum yang Tidak Rasional

Bapak Kepala UPT SMP Negeri 4 Sibulue, Masrudi M., S.Pd. M.Pd, mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh Komunitas Belajar “TO MACCA” SMP Negeri 4 Sibulue. Beliau berharap agar kegiatan ini dapat berlanjut di masa mendatang, memberikan manfaat yang signifikan bagi guru dan siswa di sekolah tersebut, serta meningkatkan kualitas pembelajaran literasi dan numerasi di SMP Negeri 4 Sibulue.

Dengan kolaborasi yang erat antara semua pihak terkait, harapannya adalah bahwa peserta didik di sekolah ini akan semakin menjadi “Talenta Optimal Mandiri Aktif, Cerdas, Cakap, dan Beragama. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *