Kuliah Umum di Unimor, Falentinus Menyoroti Demokrasi Pasca Pileg dan Pilpres

Foto : Lius Salu

Kefamenanu, zonanusantara.com– Yosef Falentinus, diundang tampil sebagai pemateri utama, atau kuliah umum di Universitas Negeri Timor (Unimor) Kamis (7/11).

Dihadapan peserta, dosen salah satu perguruan tinggi di Bandung ini menyoroti demokrasi usai Perhelatan pesta demokrasi di Indonesia, yakni pemilu legislatif dan pilpres April 2019.

Menurutnya ada satu hal yang kontras dalam hal berdemokrasi. Ia menegaskan eforiah politik lokal sangat berpengaruh terhadap pesta demokrasi.

“Ada pemimpin di daerah yang cenderung menerapkan demokrasi terpimpin. Padahal hari ini kita sudah bicara demokrasi Pancasila,” tandasnya.

Meski secara gamblang mengkritisi namun alumni Akademi Militer 1999 mengaku cara pandang seperti ini tergantung pada orang perorangan. Ia hanya melihatnya dari sudut pandang keilmuan (akademisi).

Salah satu bakal calon bupati TTU ini mengaku jika demokrasi di TTU belum begitu baik. Meski tidak menjelaskan secara detil namun Magister Kebijakan Publik dari salah satu perguruan tinggi di Australia ini memaknai itu sebagai sesuatu yang belum sejalan dengan asas demokrasi yang mengedepan kebebasan memilih tanpa tekanan atau intimidasi siapa pun

Sedikit tambahan, pemilu di daerah perbatasan dengan Timor Leste ini sarat dengan intimidasi dan teror. Akibatnya masyarakat penuh ketakutan dan tidak bisa menyalurkan hak politiknya secara baik.

Pada kesempatan yang sama Falentinus berharap mahasiswa TTU yang kuliah di Unimor bisa menjadi agen pembaharuan ke depan.

“Saya harap mahasiwa Unimor bisa menjadi agen pembaharuan,”ujarnya.

Mengakhiri wawancara dengan media sebelum acara kuliah umum, Ketua Umum Kirab Remaja Nasional ini mengaku, permasalahan soal berdemokrasi tidak saja terjadi di kota Jawa (Jakarta) namun juga di daerah lain di Indonesia.

Jimi Loli, salah satu mahasiwa Unimor meraspon dengan baik kuliah umum yang disampaikan Yosef Falentinus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here