Perusak Baliho PKB di Malang Terekam CCTV

Geogre da Silva

Malang, Zonanusantara.com – Pesta demokrasi di Indobesia belum sepenuhnya menjadi ajang pesta rakyat yang menyejukan. Setiap Pemilu atau Pilkada selalu diwarnai dengan aksi saling serang. Pesta demokrasi pun menjadi ternoda.

Hal ini ditemukan di Malang, Jawa Timur. Salah satu baliho milik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dirusak orang tak dikenal.

Koordinator Penindakan Pelanggaran Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Malang, Geogre da Silva mengatakan baliho yang dirusak milik salah satu caleg PKB, Kabupaten Malang Dapil 1 Nomor Urut 3 atas nama Muhammad Ukhrowi Desa Ganjaran, Kecamatan Gondanglegi. Peristiwa ini kata Geogre, terekam kamera Closed Circuit Television (CCTV).

“Baliho atau alat peraga kampanye (APK) yang dirusak terpasang di Desa Kuwulo, dan Desa Wandanpuro Kecamatan Bululawang ini terekam kamera CCTV,” kata Geogre da Silva, Jumat (5/4/2019).

Pemilik APK yang dipasang caleg yang bersangkutan di lokasi dilengkapi kamera CCTV. Kejadiannya pada Selasa dan Rabu (26- 27 Maret 2019, sekitar jam 02.00 dini hari.

“Karena calegnya memasang CCTV, sehingga secara jelas terekam dan bisa melihat pelakunya 3 sampai 4 orang dengan menggunakan mobil truk dan mobil Pick Up. Setelah kejadian ini yang bersangkutan melapor ke Bawaslu, 1 April 2019,” ungkap Geogre

Geogre menjelaskan, usai menerima laporan tersebut pihaknya langsung berkoordinasi dengan Penegak Hukum Terpadu (Gakumda), Kepolisian dan Kejaksaan untuk menyelidiki kasusnya.

Dikatakanbarang bukti yang diamankan berupa baliho, foto- foto APK yang rusak dan rekaman CCTV sudah diserahkan kepada Bawaslu bersamaan saat laporan.

Kasusnya kata Geogre masih dalam pelacakan. Dia optimis akan segera terungkap.

Hingga kini laporan kasus perusakan APK yang masuk Bawaslu jumlahnya banyak. Namun sulit ditindaki karena saksi pelapor menarik kembali laporannya dengan alasan terlapor tidak diketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here